Home » , » Lumajang Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia

Lumajang Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia


Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) tahun 2014  yang jatuh pada tanggal 15 Oktober lalu dirayakan secara meriah oleh siswa-siswi Sekolah Dasar Ditotrunan 01 Kabupaten Lumajang. Ratusan Anak akan melakukan cuci tangan dengan sabun secara bersama-sama sebagai bagian dari kampanye gerakan cuci tangan pakai sabun. Jum’at (31/10/2014).

Acara yang diadakan di halaman SD Negeri Ditotrunan 01 Kabupaten Lumajang ini dihadiri oleh Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Lumajang, Hj. Tutuk As’at. Pada kesempatan ini, beliau pun memberikan sambutan soal pentingnya melakukan cuci tangan pakai sabun.

"Selama ini masyarakat sering salah sangka. Dikiranya ‎cuci tangan dengan air saja sudah cukup. Padahal belum karena tidak semua kuman dan bakteri hilang dengan air saja. Makanya harus cuci tangan pakai sabun," tutur Hj. Tutuk As’at.

Dilanjutkan Hj. Tutuk As’at juga bahwa cuci tangan pakai sabun dapat mengurangi risiko terserang diare dan penyakit lainnya sebesar 40 persen. Tak hanya diare, menurutnya cuci tangan pakai sabun dapat menghindarkan anak-anak terserang penyakit mematikan seperti flu burung hingga Ebola.

"Anak-anak dapat terhindar dari penyakit mematikan seperti diare dengan cuci tangan pakai sabun. Bahkan cuci tangan pakai sabun juga dapat mengurangi risiko terserang flu burung, hingga Ebola," sambungnya lagi.

Menurut, WHO Representative dor Environmental Health, ‎Sharad Adhikary, MSc, mengemukakan bahwa Hari cuci tangan sedunia ini juga diperingati oleh negara-negara lain di dunia. Dengan dirayakan oleh seluruh negara di dunia, harapannya cuci tangan tidak lagi di sepelekan dan dianggap remeh.


"Faktanya banyak penyakit yang bisa dihindari hanya dengan cuci tangan pakai sabun," tuturnya. (an-m/ kim)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger