Home » » Gemas Tabumil-Gerakan Masyarakat Cinta Ibu Hamil- Komitmen Dukungan TP PKK Kabupaten Lumajang Dalam Penurunan AKI-AKB

Gemas Tabumil-Gerakan Masyarakat Cinta Ibu Hamil- Komitmen Dukungan TP PKK Kabupaten Lumajang Dalam Penurunan AKI-AKB


Tujuan Pembangunan Millenium (TPM) tahun 2015 salah satunya adalah mencapai Status Kesehatan Ibu dengan indikator keberhasilan menurunnya AKI menjadi 102/100.000 KH. Sebagai bentuk dukungan, Indonesia mentargetkan AKI tahun 2015 pada angka 115/100.000 KH seperti yang tertuang dalam Program “MPS (Making Pregnancy Safer) dan Child Survival.

Berdasar hasil SDKI tahun 2012-2013 AKI di Indonesia masih sebesar 359/100.000 KH, kondisi mana menggambarkan masih rendahnya derajat kesehatan masyarakat utamanya ibu hamil di Indonesia. Kondisi hampir serupa juga terjadi di Jawa Timur dan di Kab. Lumajang.

Terdapat berbagai penyebab kematia ibu ini, diantaranya karena penyakit yang diperberat kehamilan, perdarahan serta Pre Eklamsi. Selain itu juga karena faktor karakteristik Ibu hamil dan aspek pelayanan kesehatan sehingga dapat disimpulkan penyebab kematian ibu sangat kompleks. Terdapat penyebab langsung (seperti perdarahan, infeksi, dan lainnya), serta penyebab tidak langsung (seperti faktor Ekonomi, sosial, budaya, rujukan, tahap pemeriksaan, dan lain-lain).
Gemas Tabumil

Penandatanganan ”Komitmen Dukungan TP-PKK Kabupaten Lumajang dalam Penurunan AKI-AKB di Kabupaten Lumajang dengan ”Gemas Tabumil” oleh Ketua TP-PKK Kab. Lumajang

Berangkat dari kompleksitas faktor penyebab kematian ibu diatas, maka alternatif pemecahan masalah yang dipilih mutlak harus melibatkan seluruh unsur yang berperan sebagai penyebab. Di Kabupaten Lumajang sudah banyak melakukan upaya-upaya untuk menurunkan angka kematian ibu, diantaranya dengan Program Gerakan Sayang Ibu (GSI), Program P4K, Posyandu Gerbangmas Siaga, Desa Siaga, Parent Education, juga Kelas Ibu Hamil.

Berbagai gerakan tersebut, ternyata masih belum mampu memberikan hasil yang menggembirakan, sehingga kemudian dilakukan terobosan Optimalisasi Program GSI dengan Gerakan Masyarakat Cinta Ibu Hamil (Gemas Tabumil). Gerakan ini pada dasarnya merupakan gerakan Pendampingan 1 Kader 1 Ibu Hamil, Gerkan Kunjungan Rumah Bumil dengan Komplikasi, serta Gerakan KIE dan Rujukan Dini Berencana (RDB).

Agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan Optimal, serta mengingat banyaknya tugas dan tanggungjawab kader, maka penting dilakukan kegiatan “Peningkatan Kapasitas Kader dalam Pelayanan Kesehatan Ibu hamil”. Salah satu bentuk kegiatan ini dilakukan dengan mengadakan Seminar Peningkatan Kapasitas Kader Dalam Gemas Tabumil. Seminar sehari ini dilaksanakan Dinas Kesehatan Kab. Lumajang bekerjasama dengan TP-PKK Kabupaten Lumajang.

Selain seminar, dalam kegiatan ini juga akan dilaksanakan Komitmen Dukungan TP-PKK Kabupaten Lumajang dalam Penurunan AKI-AKB di Kabupaten Lumajang dengan “Gemas Tabumil” berupa Pendampingan 1 Kader PKK 1 Ibu Hamil.

Secara umum tujuan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader dalam pelayanan kesehatan ibu hamil sehingga mampu memberikan pendampingan dengan baik kepada Ibu Hamil. Sedangkan tujuan khusus untuk meningkatnya pengetahuan dan peran kader dalam gerakan Gemas Tabumil, Perawatan Kesehatan Ibu Hamil, Risiko Tinggi/ Komplikasi Ibu hamil dan Bahayanya, Komunikasi Efektif dan Pencatatan dan Pelaporan Kader Gemas Tabumil

Kegiatan seminar diatas dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 9 September 2014, di ruang Pertemuan Panti PKK Kabupaten Lumajang. Peserta seminar sebanyak 60 orang, berasal dari Ketua TP-PKK Kecamatan, Koordinator Kader Kesehatan Kecamatan, Pokja IV PKK, Dinas Kesehatan :Dinas pemberdayaan Masyarakat,Seksi Humas Pemkab, dan Sekretariat.


Dalam seminar ini juga dilakukan penandatangan ”Komitmen Dukungan TP-PKK Kabupaten Lumajang dalam Penurunan AKI-AKB di Kabupaten Lumajang dengan ”Gemas Tabumil : Pendampingan 1 kader PKK 1 ibu hamil”.
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger