Home » » Kesenian Jaran Slining

Kesenian Jaran Slining



kim-sinar-harapan.tekung.blogspot.com, Ulang tahun Kabupaten Lumajang tahun 2012 sungguh sangat meriah. Bahkan bisa dikatakan jauh lebih meriah dibanding gelaran pada tahun-tahun sebelumnya. Berbagai rangkai acara bertajuk budaya asli Lumajangan banyak dimunculkan. Hal ini merupakan bagian dari upaya pelestarian dan pengenalan budaya leluhur Lumajang pada generasi penerusnya.
SMKN Pasirian turut berperan menyumbangkan suguhan tarian khas Lumajang yaitu Jaran Slining. Tema yang diangkat dalam gelaran kali ini adalah BANJARAN JAYA. Sebuah tarian yang menggambarkan sebuah cita-cita kuat seorang pemimpin Lumajang seribu tahun yang lalu yaitu Nararya Kirana, yang memimpikan Lamajang yang sejahtera, damai dan bermanfaat bagi warganya.
Dalam karnaval ini, SMKN Pasirian dinilai sebagai lima penampil terbaik dari 18 peserta dengan tarian jaran slining. Tentu saja hal ini menjadi sebuah hadiah dan kebanggan tersendiri bagi kami warga SMKN Pasirian. Diusianya yang sudah memasuiki angka 757, Lumajang termasuk kategori kota dan wilayah yang tentram dan damai.
Kami berharap pemerintah Kabupaten Lumajang menjaga dan melestarikan kesenian Jaran Slining, karena kesenian ini merupakan salah satu ikon Kabupaten Lumajang.. trima kasih..

Penulis : Yoko
Editor  : Muhammad Khoirul Anam
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger