Home » , » Tips dan Cara Pembuatan Kerupuk Kulit Pisang Khas Lumajang

Tips dan Cara Pembuatan Kerupuk Kulit Pisang Khas Lumajang

Siapa yang sangka?? Kalau sebuah kulit pisang, ini mengandung nutrisi/ gizi yang bisa di konsumsi oleh manusia. Ternyata dari sesuatu hal yang sepeleh ini, juga ada manfaat dan kandungan nutisi yang baik untuk di konsumsi manusia. 

Naah.. Kabupaten Lumajang adalah perkebunan penghasil pisang terbesar di Indonesia.
Maka dari itu Lumajang di juluki sebagai “ KOTA PISANG ( Banana City ) “

Buah Pisang (musa paradisiaca) mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita, tentu sudah banyak yang tahu bukan? Olehkarena itu banyak yang memilih mengkonsumsi buah yang banyak jenisnya ini, baik dikonsumsi sebagai buah segar maupun hasil olahan dari buah pisang ini. Namun mengenai manfaat kulit pisang, mungkin belum banyak yang tahu, sehingga selama ini kulit pisang banyak dibuang begitu saja.
Berdasarkan hasil penelitian, ternyata kulit pisang mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein dan karbohidrat. Menurut penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi (karena kandungan serotonin yang cukup tinggi) dan menjaga kesehatan retina mata. Selain itu, kulit pisang juga merupakan anti oksidan alami, mengurangi resiko terkena penyakit katarak, meredakan nyeri / gatal pada kulit serta dapat mengobati kutil pada kulit. Banyak juga manfaatnya ya? Lalu bagaimana cara mendapatkan manfaat tersebut bagi tubuh kita?
Banyak sekali cara kita memanfaatkan kulit pisang ini, yang paling mudah dan sering adalah dengan cara di jus bersama dengan buah-buahan lainnya. Langkah – langkah pembuatan jus itu cukup mudah yaitu dimulai dengan mencuci bersih kulit pisang, lalu dicincang kekcil-kecil sebelum dimasukkan ke dalam blender dengan buah-buahan lain. Setelah diblender beberapa menit, jadilah jus yang siap minum Selain dikonsumsi dalam bentuk jus, masih banyak bentuk olahan kulit pisang lainnya lho… Misalnya dibuat selai kulit pisang, yogurt kulit pisang, tepung kulit pisang, Ice Cream kulit pisang, brownies kulit pisang, nugget kulit pisang, keripik kulit pisang dan kerupuk kulit pisang. Dalam pelatihan yang dari Kantor Ketahanan Pangan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, yaitu pembuatan kerupuk kulit pisang dan berikut ini cara pembuatannya :

Bahan-bahan yg dibutuhkan :

  • Kulit pisang
  • Air kapur sirih
  • Tepung tapioka
  • Bawang putih
  • Garam
Peralatan yg dibutuhkan :

  • Blender
  • Panci
  • Kukusan
  • Penggorengan
  • Tampah/ penampan
Cara pengolahan :

  1. Pilih kulit pisang yang baik, cuci bersih lalu rendam dalam air kapur sirih untuk menghilangkan noda-noda hitam dan getahnya.
  2. Blender kulit pisang yang telah direndam air kapur beberapa menit.
  3. Haluskan bumbu (bawang putih & garam) lalu campurkan dengan hasil blenderan kulit pisang dan tambahkan tepung tapioka. (Dalam praktek kemarin, hasil blenderan 5 kulit buah pisang dicampurkan dengan 1/4 kg tepung tapioka, dan garam + bawang putih secukupnya).
  4. Uleni adonan tersebut hingga tercampur rata, lalu masukkan ke dalam plastik silinder, selanjutnya dikukus hingga matang.
  5. Setelah matang, iris tipis-tipis lalu ditata diatas tampah/ penampan untuk dijemur.
  6. Setelah kering kerupuk siap digoreng/ dikemas
Kerupuk kulit pisang dapat dikemas dalam kemasan plastik PP ( Poliprophilen ). Pilih plastik PP dengan ketebalan yang cukup untuk produk tetap renyah. Kemasan harus menggunakan sealer (penyegelan), tidak menggunakan lilin. Masukan label pada kemasan plastik. Tidak harus disertakan dalam paket label sehingga kontak langsung dengan produk. Hal ini dilakukan untuk menjaga sanitasi dan kebersihan produk.




Nah.. itu dia cara pembuatan krupuk kulit pisang khas Kabupaten Lumajang yang renyah dan gurihnya tak kalah dengan jenis-jenis kerupuk lainnya. Dengan rasa cukup enak dan harga murah, mereka mengaku sering kewalahan menerima pesanan. Apalagi, selama ini mereka hanya memanfaatkan panas matahari untuk pengeringan. Sehingga, jika cuaca mendung, merekapun akan kesulitan berproduksi. Selain kerupuk kulit pisang, Kelompok Koperasi Wanita SRI REJEKI ini juga memanfaatkan pisang untuk berbagai jenis bahan makanan lain. Seperti keripik pisang dan keripik bonggol pisang. Bagi mereka, banyak cara dilakukan untuk meningkatkan pendapatan sepanjang kreatif dan mau berusaha.
Ehm.. kalau anda ke Lumajang, jangan lupa membawakan buah tangan untuk keluarga anda di rumah sebuah Kerupuk kulit pisang. Ini adalah camilan khas Lumajang yang mempunyai kandungan yang baik untuk anda konsumsi. Dapatkan Kerupuk pisang ini di “ UD. SUMBER REJEKI “ di Desa Bodang Kec. Padang Kab. Lumajang atau bisa langsung kontak person http://kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.com

Penulis : Muhammad Khoirul Anam
Editor   : Muhammad Khoirul Anam
Sumber : Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang
              http://kulitpisangajaib.blogspot.com/2012/02/keripik-kulit-pisang.html?m=1
Share this article :

+ comments + 13 comments

13 Oktober 2013 23.10

kalo bleh tau kulit psang ap yg di gnakan?

21 Oktober 2013 19.07

kami anjurkan pakai kulit pisang kepok saja

4 November 2013 11.06

Ternyata pisang bisa menjadi peluang usaha,terima kasih ya saya akan mencobanya.

23 Februari 2015 10.38

Kalo pngin pesan ada contact person g bang pa bisa dikirim

20 Mei 2015 08.52

Aduh padahal baru mau tak buat eksperimen hehe

13 Oktober 2015 17.50

kulit yg di pake yg udah masak atau kulit yg masih mengkal

20 Februari 2016 06.02

Itu namanya bukan kerupuk kulit pisang, tapi kerupuk tepung biasa dicampur kulit pisang. Kalau kulit pisangnys diganti dg yg lain juga bisa. Gue kira mulus pake kulit pisang.

Anonim
20 September 2016 20.02

terima kasih bang mau buat tugas prakarya

10 November 2016 09.40

Monyet lu

13 Maret 2017 02.36

Ini makanan alternatif yang baik.Terima kasih atas karyanya sukses selalu

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger