Tips dan Cara Pembuatan Kerupuk Kulit Pisang Khas Lumajang - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Selasa, 09 Juli 2013

Tips dan Cara Pembuatan Kerupuk Kulit Pisang Khas Lumajang

Siapa yang sangka?? Kalau sebuah kulit pisang, ini mengandung nutrisi/ gizi yang bisa di konsumsi oleh manusia. Ternyata dari sesuatu hal yang sepeleh ini, juga ada manfaat dan kandungan nutisi yang baik untuk di konsumsi manusia. 

Naah.. Kabupaten Lumajang adalah perkebunan penghasil pisang terbesar di Indonesia.
Maka dari itu Lumajang di juluki sebagai “ KOTA PISANG ( Banana City ) “

Buah Pisang (musa paradisiaca) mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita, tentu sudah banyak yang tahu bukan? Olehkarena itu banyak yang memilih mengkonsumsi buah yang banyak jenisnya ini, baik dikonsumsi sebagai buah segar maupun hasil olahan dari buah pisang ini. Namun mengenai manfaat kulit pisang, mungkin belum banyak yang tahu, sehingga selama ini kulit pisang banyak dibuang begitu saja.
Berdasarkan hasil penelitian, ternyata kulit pisang mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein dan karbohidrat. Menurut penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi (karena kandungan serotonin yang cukup tinggi) dan menjaga kesehatan retina mata. Selain itu, kulit pisang juga merupakan anti oksidan alami, mengurangi resiko terkena penyakit katarak, meredakan nyeri / gatal pada kulit serta dapat mengobati kutil pada kulit. Banyak juga manfaatnya ya? Lalu bagaimana cara mendapatkan manfaat tersebut bagi tubuh kita?
Banyak sekali cara kita memanfaatkan kulit pisang ini, yang paling mudah dan sering adalah dengan cara di jus bersama dengan buah-buahan lainnya. Langkah – langkah pembuatan jus itu cukup mudah yaitu dimulai dengan mencuci bersih kulit pisang, lalu dicincang kekcil-kecil sebelum dimasukkan ke dalam blender dengan buah-buahan lain. Setelah diblender beberapa menit, jadilah jus yang siap minum Selain dikonsumsi dalam bentuk jus, masih banyak bentuk olahan kulit pisang lainnya lho… Misalnya dibuat selai kulit pisang, yogurt kulit pisang, tepung kulit pisang, Ice Cream kulit pisang, brownies kulit pisang, nugget kulit pisang, keripik kulit pisang dan kerupuk kulit pisang. Dalam pelatihan yang dari Kantor Ketahanan Pangan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, yaitu pembuatan kerupuk kulit pisang dan berikut ini cara pembuatannya :

Bahan-bahan yg dibutuhkan :

  • Kulit pisang
  • Air kapur sirih
  • Tepung tapioka
  • Bawang putih
  • Garam
Peralatan yg dibutuhkan :

  • Blender
  • Panci
  • Kukusan
  • Penggorengan
  • Tampah/ penampan
Cara pengolahan :

  1. Pilih kulit pisang yang baik, cuci bersih lalu rendam dalam air kapur sirih untuk menghilangkan noda-noda hitam dan getahnya.
  2. Blender kulit pisang yang telah direndam air kapur beberapa menit.
  3. Haluskan bumbu (bawang putih & garam) lalu campurkan dengan hasil blenderan kulit pisang dan tambahkan tepung tapioka. (Dalam praktek kemarin, hasil blenderan 5 kulit buah pisang dicampurkan dengan 1/4 kg tepung tapioka, dan garam + bawang putih secukupnya).
  4. Uleni adonan tersebut hingga tercampur rata, lalu masukkan ke dalam plastik silinder, selanjutnya dikukus hingga matang.
  5. Setelah matang, iris tipis-tipis lalu ditata diatas tampah/ penampan untuk dijemur.
  6. Setelah kering kerupuk siap digoreng/ dikemas
Kerupuk kulit pisang dapat dikemas dalam kemasan plastik PP ( Poliprophilen ). Pilih plastik PP dengan ketebalan yang cukup untuk produk tetap renyah. Kemasan harus menggunakan sealer (penyegelan), tidak menggunakan lilin. Masukan label pada kemasan plastik. Tidak harus disertakan dalam paket label sehingga kontak langsung dengan produk. Hal ini dilakukan untuk menjaga sanitasi dan kebersihan produk.




Nah.. itu dia cara pembuatan krupuk kulit pisang khas Kabupaten Lumajang yang renyah dan gurihnya tak kalah dengan jenis-jenis kerupuk lainnya. Dengan rasa cukup enak dan harga murah, mereka mengaku sering kewalahan menerima pesanan. Apalagi, selama ini mereka hanya memanfaatkan panas matahari untuk pengeringan. Sehingga, jika cuaca mendung, merekapun akan kesulitan berproduksi. Selain kerupuk kulit pisang, Kelompok Koperasi Wanita SRI REJEKI ini juga memanfaatkan pisang untuk berbagai jenis bahan makanan lain. Seperti keripik pisang dan keripik bonggol pisang. Bagi mereka, banyak cara dilakukan untuk meningkatkan pendapatan sepanjang kreatif dan mau berusaha.
Ehm.. kalau anda ke Lumajang, jangan lupa membawakan buah tangan untuk keluarga anda di rumah sebuah Kerupuk kulit pisang. Ini adalah camilan khas Lumajang yang mempunyai kandungan yang baik untuk anda konsumsi. Dapatkan Kerupuk pisang ini di “ UD. SUMBER REJEKI “ di Desa Bodang Kec. Padang Kab. Lumajang atau bisa langsung kontak person http://kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.com

Penulis : Muhammad Khoirul Anam
Editor   : Muhammad Khoirul Anam
Sumber : Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang
              http://kulitpisangajaib.blogspot.com/2012/02/keripik-kulit-pisang.html?m=1

88 komentar:

  1. kalo bleh tau kulit psang ap yg di gnakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami anjurkan pakai kulit pisang kepok saja

      Hapus
    2. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
    3. Apakah ada nomer hape yg bisa di hubungi untuk melakukan pemesanan ??

      Hapus
    4. Tips Dan Cara Pembuatan Kerupuk Kulit Pisang Khas Lumajang - Kim Sinar Harapan >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Tips Dan Cara Pembuatan Kerupuk Kulit Pisang Khas Lumajang - Kim Sinar Harapan >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Tips Dan Cara Pembuatan Kerupuk Kulit Pisang Khas Lumajang - Kim Sinar Harapan >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK F3

      Hapus
  2. Ternyata pisang bisa menjadi peluang usaha,terima kasih ya saya akan mencobanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  3. Kalo pngin pesan ada contact person g bang pa bisa dikirim

    BalasHapus
  4. Aduh padahal baru mau tak buat eksperimen hehe

    BalasHapus
  5. kulit yg di pake yg udah masak atau kulit yg masih mengkal

    BalasHapus
  6. Itu namanya bukan kerupuk kulit pisang, tapi kerupuk tepung biasa dicampur kulit pisang. Kalau kulit pisangnys diganti dg yg lain juga bisa. Gue kira mulus pake kulit pisang.

    BalasHapus
  7. terima kasih bang mau buat tugas prakarya

    BalasHapus
  8. Ini makanan alternatif yang baik.Terima kasih atas karyanya sukses selalu

    BalasHapus
  9. Ko udh d kukus kenyal adonan ya ga bisa d iris

    BalasHapus
  10. If you want to Fastest Car In The World. you can visit listforever.com here you will get Top 30 Fastest Cars In The World | Pictures, Price and Specifications

    BalasHapus
  11. trending updates!!
    http://mcafeeactivationkey.com

    BalasHapus
  12. Puri Hair:While pretty some humans have shared effective studies, Prashant treated a sour revel in at Richfeel. He suffers from hair fall issues and underwent remedy with Richfeel for over four months. However, he did no longer see any improvement or growth in hair and actually. Puri Hair Reviews observed that the gadget used was also no longer proper. He had simply been given a few medicines and gel-based products which wasn’t easy to use. Prashant also says that he didn’t obtain a lot steerage from the body of workers with regards to the process. http://www.garciniamarket.com/puri-hair-reviews/

    BalasHapus

  13. Creative Banner is a focusing fact for any kinds of business institutions. Banner show your products identity which is provided by you. Manage your banner design service creatively by any professional designer to highlight your products. Cr eative banner grabs your customer’s attention.

    BalasHapus
  14. Mcafee.com/activate - If you want to download, install and activate McAfee antivirus on your windows or mac. then you can visit our Mcafee activate website www.mcafee.com/activate. because here you can easily set up your Mcafee account in one visit. For more information call our Mcafee support toll-free number.

    mcafee.com/activate
    mcafee activate
    mcafee activate 25 digit code
    mcafee activate
    mcafee.com/activate

    BalasHapus
  15. Hello, I am Paul troy from USA, working in a technical support provider company. If you are facing any issue related Mcafee Antivirus , contact us.
    mcafee.com/activate

    mcafee.com/activate

    BalasHapus
  16. Shadow Creation is the process to change the color of an image or video..Shadow Creation It means correcting the lighting, white color balance, red or blue color balance, so that the image looks more clear or natural

    BalasHapus
  17. We all have to endure hundreds of life incidents, and we want someone to hear about those incidents from us. Sharing your thoughts and experiences with others increases your read more, and you start trusting each other more than before.

    BalasHapus
  18. Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya menipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal ventura dan hutang. Saya hampir mengedit, saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

    Itu semua terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. . di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

    Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Grace, atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

    BalasHapus
  19. It?s hard to find knowledgeable people on this topic, but you sound like you know what you?re talking about! Thanks ball games

    BalasHapus
  20. You can download Office.com/setup online for getting the advantages of word, excel and other utilities which are very useful for documentation and for business purposes. We provide you online help for every kind of issues and help of Office.

    Office.com/setup
    Webroot.com/safe

    BalasHapus
  21. PBS Org is American based channel which provides good and best quality content to its users where in all over country. For watching all your favorite channels on PBS Device you have to activate it using link pbs.org/activate.Best Regards – pbs.org

    BalasHapus
  22. I really happy found this website eventually. Really informative and inoperative, Thanks for the post and effort! Please keep sharing more such blog.
    HP Printer Assistant download |
    HP Support Assistant download |
    HP Printer Support Number |

    BalasHapus
  23. Downloading of AOL Desktop Gold software is a very simple easy steps process. Do not require any technical knowledge for installing AOL Gold Desktop. For any help visit aol desktop gold download

    BalasHapus
  24. After visiting www.office.com/setup login to microsoft account to make a attain of your hands on treaty of office setup, Any complexity in office com setup our dexterous will support for office install.
    office.com/setup
    www.office.com/setup
    office setup
    office com setup

    BalasHapus
  25. Apakah ada nomer hape nya , agar lebih mudah untuk melakukan pemesanan

    BalasHapus
  26. kenapa pakai kulit pisang kepok?

    BalasHapus
  27. I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
    Click Here
    Click Here

    BalasHapus
  28. Office.com/Setup Download office setup and enter the product key in story to office.com/setup and profit portion of be high and sober going concerning for put into taking in the in the tally going on more to effect Office setup after installation in metaphor to speaking your computer as speedily as startup apps if windows along in the craving of mammal of hit put into squabble out or mac hit the gear button regard as creature the share for an complimentary skepticism your hands no psychoanalysis in fable to repaired as speedily as office setup investigate experts Alert to put into doling out office apps to profit bond of not found to use it, resolve office setup installation due to memory file not found.

    BalasHapus
  29. I really happy found this website eventually. Really informative and inoperative, Thanks for the post and effort! Please keep sharing more such blog.

    norton.com/setup

    www.spectrum.net/login

    aolmail.com

    mcafee.com/activate

    ester and christmas ornaments

    BalasHapus
  30. i like your article and you may know about electronics shops in dubai by visiting our site

    BalasHapus
  31. Amazon Originals just as well known motion pictures and TV appears. Watch whenever, anyplace. The Prime Video application is accessible on a scope of TVs, Amazon gadgets, cell phones, Blu-beam players, games consoles and spilling media gadgets. Prime Video from an incredible determination of mytv, Movies and more at regular low costs. Get the suppprt mytv

    BalasHapus
  32. Thanks For sharing Awesome Post. Visit here for further information.

    BalasHapus
  33. Thanks for Sharing Amazing Stuff Please Visit to know about InstaStalker. Its Free of Cost

    BalasHapus
  34. best coffee shop in town coffee
    best coffee shop in townmaverick

    BalasHapus
  35. McAfee Antivirus Tools are developed by Symantec Corporation, provides a complete Anti-Virus suite for PCs.o to
    your McAfee Antivirus software and Open it. · Enter the 25 digits alpha-numeric product key that was mailed to you
    www.mcafee.com/activate
    mcafee.com.com/activate"
    www.Webroot.com/safe | Webroot.com/safe Product Key |
    www.Webroot.com/safe | Webroot.com/safe Product Key |

    BalasHapus
  36. Leader in homesourced Printer customer services solutions with a secure, proprietary omnichannel platform & tools and a global network of home-based agents.

    BalasHapus
  37. Utilizing the provided controller, press the HOME or MENU button.
    Choose Video, Application, My Apps or Apps, contingent upon your model.
    Choose the Prime Video application.
    Choose Sign In and Start Watching and note the enlistment code that shows up on the system.
    Utilizing the web, go to the Amazon™ sign-in page

    amazon.com/mytv
    www.amazon.com/mytv enter code sign in
    www.amazon.com/mytv
    www.primevideo.com/mytv
    amazon prime login
    www.primevideo.com/mytv register code

    BalasHapus
  38. Activate com amazon mytv activate by giving the activation link primevideo.com mytv in your tv and enjoy amazon popular shows such as movies & web series.Visit given link activate primevideo mytv..

    BalasHapus
  39. Primevideo.com/mytv – Learn how to enroll and initiate another gadget on amazon prime to watch motion pictures and arrangement utilizing amazon myTV code from Primevideo.com/mytv. You are at the correct spot. You simply need to get the amazon prime membership from primevideo.com/mytv and use the Amazon Prime Video application on TV to begin watching films and web shows.
    Read more…

    BalasHapus
  40. The cash app login account is one of the most promising and easiest ways to send, spend, save and invest your money and it is the safest and free mobile banking app that is user-friendly too. It is a well-known peer-to-peer payment app that is formally known as Square cash.

    aol mail login - aol mail sign in is a free web-based email service provided by AOL. AOL webmail enables its users to check and send emails directly on a browser.

    BalasHapus
  41. The charles schwab login Corporation provides a full range of brokerage, banking and financial advisory services through its operating subsidiaries. Its broker-dealer subsidiary, Charles Schwab & Co., Inc. (Member SIPC), offers investment services and products, including Schwab brokerage accounts.

    BalasHapus
  42. Nice article great information its really helpfull

    BalasHapus
  43. Nice post, I really enjoyed reading this article, it explains everything in a simple way. I will be reviewing this blog for such important information and will continue to search for it.
    fl studio crack
    itools crack
    ashampoo burning studio crack
    total commander crack

    BalasHapus
  44. Hi, I’m so glad I found your blog, I stumbled upon you when I was already viewing other content on Google, I’m here now and want to thank you for this great post.
    And the surrounding entertainment sites please continue to maintain good work.
    format factory crack
    utorrent crack
    idm crack
    autodesk autocad crack

    BalasHapus
  45. I’m impressed, I must say. Seldom do I come across a blog
    that’s equally educative and interesting, and without a doubt, you’ve hit the
    nail on the head. The problem is something which too few folks are speaking intelligently about.
    I am very happy I found this in my search for something concerning this.
    window product key
    outbyte pc repair crack
    icecream screen recorder crack
    avast premier crack license key

    BalasHapus
  46. If you feel like you have lost the zeal and intimacy of your sexual life then a reliable sexologist in Delhi is something that you certainly need. He has registered himself in the list of the top reputed sexologist. You have got it here! He is an honorable name in the industry of sexologist treatment and best sexologist in Delhi or top sexologist in Delhi.

    BalasHapus
  47. This is very useful software for you and me. No errors were found during the check.
    You can use it. I hope you like it.
    world of tanks wot crack
    grids for instagram crack
    among us crack

    BalasHapus
  48. Are you Looking best offer on Men's Varsity Jackets in the best quality, Also available in a variety of Product in Leather Outlet
    online store

    BalasHapus
  49. Office furniture manufacturers are important for your business. You need them to ensure that you are getting what you need for your business. If you are using the wrong kind of office furniture then it will create more tasks and burden your employees. Here we will look at some of the best office furniture manufacturers and how they can help your business.
    Office furniture manufacturer Office furniture manufacturers

    BalasHapus
  50. Tag a website for free with social bookmarking site - free social bookmarking site . Bookmark your site for free.

    BalasHapus
  51. Tips Dan Cara Pembuatan Kerupuk Kulit Pisang Khas Lumajang - Kim Sinar Harapan >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Tips Dan Cara Pembuatan Kerupuk Kulit Pisang Khas Lumajang - Kim Sinar Harapan >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Tips Dan Cara Pembuatan Kerupuk Kulit Pisang Khas Lumajang - Kim Sinar Harapan >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus
  52. it's a very inspiring and informative article good work keep it up, I say thank you for sharing your knowledge with us.
    If anyone is looking for
    kilts for sale
    Utility kilts
    jackets

    BalasHapus
  53. Excellent blog! It's truly outstanding.




    BalasHapus

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages