Home » » Presiden SBY Berkunjung ke Lumajang, untuk Panen Salak Pronojiwo

Presiden SBY Berkunjung ke Lumajang, untuk Panen Salak Pronojiwo


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono serta beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II melaksanakan kunjungan kerja di Jawa Timur. Untuk berkunjung ke Kabupaten Lumajang ini juga di dampingi oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Timur. Sepanjang perjalanan, Presiden dan rombongan dielu-elukan oleh masyarakat, terutama kalangan pelajar Selasa (30/7) pukul  14.00 WIB.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono panen Salak Pronojiwo

Tempat pertama yang dikunjungi Presiden yaitu di UPT Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang untuk melihat langsung komoditi pertanian unggulan, yaitu Salak Lumajang yang merupakan hasil persilangan Salak Pondoh Sleman Yogyakarta dengan salak lokal. 

Ibu Negara Ani Yudhoyono memanen Salak Pronojiwo

Di tempat tersebut, Presiden diperlihatkan contoh Salak Pronojiwo, dan diversifikasi produk salak berupa kripik dan sari minuman salak. Dalam dialog Presiden dengan para petani, dijelaskan produksi salak Pronojiwo mencapai kurang lebih 15-20 ton per hektar. Produk salak tersebut didistribusikan ke wilayah Jawa Timur, NTT dan NTB, selain di pasarkan ke Kalimantan dan Sulawesi.
Dalam kesempatan dialog tersebut, para petani meminta kepada Presiden untuk dibantu pemasaran Salak Pronojiwo dan dibuatkan pasar khusus penjualan salak. Presiden kemudian memborong semua salak yang ada di UPT BPP tersebut dan memberikan bantuan permodalan kepada 40 kelompok tani Salak Pronojiwo.
Kami berharap petani salak di Pronojiwo bisa terus mengembangkan dan meningkatkan hasil pertanian salak pronojiwo serta produk-produk yang di hasilkan dari bahan salak yaitu Kripik Salak dan Sari Minuman Salak. Dan bisa memperluas pemasaran dari produk-produk khas Pronojiwo, Lumajang yang di hasilkan, untuk bisa di konsumsi oleh masyarakat luas.
Terima Kasih Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Gubernur Jawa Timur Pak Dhe Soekarwo dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Timur telah mengunjungi Kabupten Lumajang tercinta ini untuk memanen produk pertanian unggulan Salak Pronojiwo dan mencicipi Industri Pengolahan Makanan dan Minuman khas Lumajang ini..

Foto by  : Humas
Penulis : Muhammad Khoirul Anam
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger