Home » » Pisang Kirana khas Lumajang

Pisang Kirana khas Lumajang


Pisang adalah nama umum untuk tanaman dari genus Musa dan buah yang dihasilkannya. Pisang pertama kali dibudiyakan oleh petani Asia Tenggara sekitar 5000 SM. Keaneka ragaman pisang banyak ditemukan di daerah Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini dan Cina.
Pada perkembangannya selanjutnya pisang menyebar sampai ke Timur Tengah, Afrika dan Amerika. Semua pisang yang dibudidayakan sebagai konsumsi diturunkan dari dua jenis pisang liar Musa acuminata dan Musa balbisiana yang saling disilangkan. Indonesia merupakan negara pengekspor pisang terbesar ke enam di dunia. Pisang dituai pada saat masih hijau dan akan menjadi masak setelah mencapai negara yang dituju. 
 Pisang Kirana Lumajang memiliki salah satu jenis pisang khusus (endemic) yang disebut pisang Kirana. Pisang ini hanya dapat ditemukan disekitar kaki gunung Semeru, Senduro, Pasrujambe dan Gucialit. Pisang Kirana dapat berkembang baik pada daerah yang memiliki ketinggian 500 – 700 meter dari permukaan laut.
 Selain telah diperdagangkan dalam pasar dalam negeri, pisang Kirana juga telah diekspor ke beberapa negara seperti Jepang dan Hongkong. Pemerintah sendiri telah mengakui keberadaan pisang Kirana. Pisang Kirana diakui sebagai Salah satu varietas unggul oleh Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 516/Kpts/ SR.120/12/2005, tanggal 26 Desember 2005 dan telah mendapat sertifikasi.

Editor  : Muhammad Khoirul Anam
Sumber : kebunpisang.com
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADI PAHLAWAN ANTI HOAX

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger