Home » » WABUP : Peran Pemuda Sangat Penting Bagi Masa Depan Bangsa

WABUP : Peran Pemuda Sangat Penting Bagi Masa Depan Bangsa


Sumpah Pemuda merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Melalui sumpah yang dilakukan oleh para pemuda pada tahun 1928, mereka berhasil menyatukan seluruh elemen masyarakat dalam satu tekad dan semangat, untuk melalukan perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme, sehingga terwujudlah negara Indonesia yang berdaulat adil dan makmur.

Semangat itulah yang terus coba dijaga dan dipelihara. Salah satu caranya adalah dengan kegiatan Upacara rutin yang digelar pada peringatan hari sumpah pemuda.

Drs. As’at M.Ag, Wakil Bupati yang sekaligus menjadi inspektur upacara peringatan hari sumpah pemuda, di alun-alun Lumajang pagi tadi (28/10) mengatakan, Pemuda sangat penting perannya dalam pembangunan suatu negara.

“dengan mewujudkan pemuda yang maju, unggul dan berkarakter, berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat. Untuk itu mentalitas bangsa khususnya para pemuda harus terus dibangun” ujarnya.

Untuk itu Wabup berharap agar para pemuda dapat terus mencontoh dan menerapkan semangat para pendahulunya. “86 tahun yang lalu pemuda lah yang membuka jalan untuk Indonesia menjadi sebuah bangsa. keberhasilan generasi terdahulu menyatukan hati dan pikiran bangsa Indonesia harus diteruskan. itu harus menjadi obor penyemangat untuk kita” katanya.

Disisilain Wabup yang pada kesempatan itu juga membacakan sambutan tertulis dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang baru saja dilantik, H. Imam Nahrawi, menyampaikan rasa prihatinnya terhadap kondisi pemuda dibeberapa daerah saat ini. Dimana sering terjadi pertikaian antar pelajar hanya dikarenakan permasalahan yang sepele. Bahkan tidak jarang merenggut korban jiwa.

“revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden baru kita amat relevan dalam mencetak pemuda yang berkarakter. selain itu pertikaian antar pelajar, bentrok antar mahasiswa dan elemen pemuda harus dihapuskan. Pemuda harus solid, jika pemuda solid dan bersatu, bangsa kita akan semakin kuat dan maju” tegas wabup.

Hal ini senada dengan tema sumpah pemuda tahun ini. “bangun solidaritas pemuda, maju dan berkelanjutan. Yang mana tema tersebut mengandung pesan serta ajakan untuk bersama-sama berupaya mengajak para pemuda untuk dapat memainkan perannya secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa dalam pembangunan nasional.

Upacara kemudian ditutup dengan penandatanganan kerjasama (MOU) antara Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dengan BNN, BPBD dan Bagian Humas Setda Lumajang.

Selain itu juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan bagi 6 sekolah yang telah melaksanakan program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN). Ke 6 sekolah itu adalah SMAN 3 Lumajang, SMAN 1 Klakah, SMK 1 Klakah, SMK 1 Senduro, SMAN 1 Pasirian dan SMAN 1 Tempeh.


Sumber : humas-lmj
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger