Home » » Pemberian Bantuan Korban Angin Puting Beliung Desa Selok

Pemberian Bantuan Korban Angin Puting Beliung Desa Selok




Angin puting beliung yang menerjang desa Selok Awar-awar kecamatan Pasirian beberapa pekan yang lalu (3/2), telah menimbulkan beberapa rumah mengalami kerusakan. Untungnya, rata-rata hanya kerusakan ringan saja dan tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Selain didesa Selok Awar-Awar angin kencang juga berimbas di didesa tetangga, namun tidak menyebabkan kerusakan apapun.

Dari inventarisasi korban yang terdampak pusaran angin puting beliung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang telah mencatat ada 70 rumah yang rusak ringan dan berat. Hempasan angin puting beliung memang tidak hanya merusakkan atap-atap rumah, tapi juga menumbangkan berbagai jenis pohon baik di lahan pekarangan warga maupun di pinggir jalan.

Paryono, Kepala Sub Bidang Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang mengungkapkan bahwa pada awal tahun ini sudah 2 kali peristiwa bencana angin puting-beliung ini terjadi, yakni kecamatan di Candipuro dan Pasirian. Menurutnya, karena kerusakannya bervariasi maka bantuan yang diberikan juga berdasarkan kerusakan yang terjadi. “Kami sudah melakukan pendataan, yang rusak berat 2 rumah, yang lainnya yaitu 70 rumah rusak ringan,” jelas Paryono

Bupati Lumajang Sjahrazad Masdar yang didampingi Wakil Bupati As’at, selasa (25/2) memberikan bantuan kepada 72 warga desa Selok Awar Awar yang tertimpa musibah angin puting beliung. Warga yang telah berkumpul di balai desa Selok Awar-Awar menyambut antusias kehadiran orang nomor 1 di Lumajang dan wakilnya itu. “Saya turut prihatin dengan bencana yang terjadi. Lumajang merupakan daerah yang subur dan berlimpah pasir karena berada di lereng Semeru. Tapi juga daerah rawan bencana,” kata Bupati Lumajang Sjahrazad Masdar. Ia meminta agar bencana yang terjadi dijadikan sarana intropeksi diri dan selalu mendekatkan diri pada Tuhan.

Bupati Lumajang, DR. H. Sjahrazad Masdar, MA berharap bantuan finansial tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki atap-atap rumah atau bagian-bagian rumah yang rusak akibat terpaan angin puting beliung. Selain memberikan bantuan dalam bentuk uang, Bupati Lumajang Sjakrazad Masdar juga memberikan bantuan sembako. (anam/kim-olmj)

Sumber : Humas-lmj
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger