Home » , » Samson Dari Senduro Pecahkan Rekor Dunia

Samson Dari Senduro Pecahkan Rekor Dunia


Berapa bobot kambing terbesar yang bernah anda lihat? Jika biasanya seekor kambing yang digunakan untuk berkurban hanya seberat 20 atau terbesar 35 Kg untuk kambing dewasa. Maka bayangkan jika ada seekor kambing dengan berat 135 Kg.

Kambing jenis etawa senduro berusia 3 tahun itu dibeli oleh Presiden Direktur Dompet Dhuafa, Ahmad Juwaini seharga 19 juta rupiah.

Sebelumnya dirinya hingga rela blusukan, sampai akhirnya menemukan kambing berwarna putih itu di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang.

Kambing yang diberi nama samson itu berhasil memecahkan rekor dunia versi Muri untuk kategori penyembelihan hewan kurban terberat. Penganugerahannya sendiri dilakukan oleh presiden MURI (Museum Rekor Indonesia) Jaya Suprana di lapangan parkir sebuah pusat perbelanjaan besar di Lebak Bulus Jakarta.

Dengan tinggi gumba atau punggung mencapai 100 cm, tinggi kepala 150 cm dan ukuran panjang, dari kepala hingga ekor 150 cm dan lingkar dada 115 cm. Kambing asal Lumajang ini layak dijuluki kambing kurban terbesar.
Sama seperti namanya, Samson yang menurut legenda merupakan seorang pria kuat yang tinggi besar. Kambing ini mempunyai berat 135 Kg. Dan jika kambing biasa dipotong dagingnya hanya cukup untuk paling banyak 100 orang. Maka Samson ini bisa untuk 300 orang.

Rekor kambing terbesar sedunia yang di miliki oleh Kabupaten Lumajang menunjukan bahwa potensi Kabupaten ini sangat besar. Selain pariwisata, pertanian kini peternakannya pun sudah diakui.

Tentu ini dapat menjadi penyemangat para peternak terutama kambing etawa Senduro. Untuk dapat meningkatkan kualitas ternaknya. Karena bukan tidak mungkin dalam 1 atau 2 tahun kedepan rekor samson akan di lewati oleh samson-samson lain dari Senduro.


Sumber : humas-lmj
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger