Home » » Hari Lingkungan Hidup Lumajang Banyak Raih Penghargaan

Hari Lingkungan Hidup Lumajang Banyak Raih Penghargaan


Gubernur Propinsi Jawa Timur, DR. H. Soekarwo menyerahkan penghargaan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) kepada 22 Kabupaten/ Kota, 12 tokoh Pelestari Lingkungan Hidup di Jatim. Mereka terdiri dari 3 perintis lingkungan, 8 penyelamat lingkungan dan 1 pembina lingkungan). Penghargaan berupa piagam, trophy, dan tabungan Rp 5 juta.

Penghargaan juga diberikan kepada 117 sekolah penerima adiwiyata yang secara simbolis diserahkan kepada 36 Kepala Sekolah Penerima Adiwiyata, 12 Kepala Desa/Lurah Desa Bersemi Kategori Mandiri, serta 9 Pelaksana Pelaporan Pengelolaan Lingkungan Hidup Terbaik yang secara simbolis diserahkan kepada 3 Perusahaan Pelaksana Pengelolaan Lingkungan Hidup Kategori Terbaik (PT Pertamina Hulu Energi WMO Gresik, PT. Karya Dibya Mahardika, PT Ispatindo Sidoarjo). Perusahaan Pelaksana Pengelolaan Lingkungan Hidup Kategori Terbaik itu diserahkan gubernur untuk kalangan industri yang diwakili oleh General Manager Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) Boyke Pardede.

Rabu kemarin (25/6/2014), bertempat di Pantai Kenjeran – Surabaya. Pada acara  Peringatan Hari Lingkungan Hidup yang digelar Pemprov. Jatim, merupakan suatu kebanggaan bagi Kabupaten Lumajang sendiri. Pasalnya dalam kesempatan kali ini, Kabupaten Lumajang mendapatkan penghargaan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) dan penghargaan bergengsi lainnya. Yang mana penyerahan piala penghargaan ini serahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, DR. H. Soekarwo kepada Bupati Lumajang, DR. H. Sjahrazad Masdar, MA, Kepala sekolah dan aktifis lingkungan lainnya yang berasal dari Kabupaten Lumajang.

Keberhasilan Lumajang meraih Adipura Kencana ke-9 dan penghargaan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Nurul Huda. “Hari ini,  Wakil Bupati Lumajang menerima piala Adipura dan penghargaan SLHD di Istana Wakil Presiden yang diserahkan oleh Wakil Presiden Budiono,” kata Nurul ketika dikonfirmasi, Kamis (5/6/2014).

Piala Penghargaan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) Kabupaten Lumajang dan penghargaan lainnya diberikan kepada melalui serangkaian penilaian. Bahkan, Tim dari Kementrian Lingkungan Hidup telah mengunjungi beberapa lokasi yang menjadi obyek penilaian baik secara terang-terangan maupun secara diam-diam. Tim  melakukan penilaian secara khusus dan tidak mau diarahkan.

Dari hasil penilaian, kemudian diklasifikasikan berdasarkan parameter dan kriteria, yang mana diantaranya Penghargaan lain yang diperoleh oleh kabupaten Lumajang adalah Kalpataru yang diterima oleh KPRA KALIPOK Candipuro mendapatkan penghargaan sebagai penyelamat lingkungan, Aa’ Abdullah sebagai pemerhati lingkungan, penghargaan Adiwiyata diberikan kepada SMPN 2 Tempeh. untuk tingkat Kelurahan, Kabupaten Lumajang yaitu Kelurahan Ditotrunan memperoleh penghargaan Desa Berseri Mandiri kemudian desa Dawuhan Lor mendapatkan penghargaan Desa Berseri Madya. Untuk penghargaan Desa Berseri Pratama diraih oleh Desa Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung Lumajang.

Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Lumajang, Eddy Hozayni mengatakan, Kabupaten Lumajang tidak bisa dipungkiri mempunyai kualitas yang baik dalam menangani lingkungannya. Dan, tentunya masyarakat Lumajang sangat bersyukur atas diraihnya penghargaan Adipura Kencana, Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) dan penghargaan lain yang diterima oleh Kabupaten Lumajang. Dengan penghargaan ini, Kabupaten Lumajang seakan diingatkan untuk tidak boleh berhenti untuk terus mempertahankan prestasi menyelamatkan, memperhatikan, merawat dan menjaga lingkungan dari tahun ke tahun sehingga Kabupaten Lumajang semakin baik ke depannya.

Dengan diraihnya berbagai penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Lumajang pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2014 kali ini, Bupati Lumajang Sjahrazad Masdar merasa bangga dan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Lumajang. Sebab selama ini warga Lumajang sangat peduli dan aktif berpartisipasi dalam menangani lingkungan di Kabupaten Lumajang. (anam/ kim-infopublik lmj)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger