Aktivitas Masyarakat Senduro Setor Susu di KUD - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Sabtu, 02 November 2013

Aktivitas Masyarakat Senduro Setor Susu di KUD

Warga Senduro Setor Susu
Pada hari kamis, 31 Oktober 2013 pukul 06.55 WIB. Kami anggota AJANG (Asli Jepret Lumajang) beserta KIM Sinar Harapan dan Tim Singgah Lumajang mengadakan kunjungan ke beberapa daerah berpotensi yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang. Dalam kegiatan kali ini, kami berkunjung di Koperasi Unit Desa (KUD) sapi perah terbesar di wilayah Kabupaten Lumajang, yaitu di KUD. TANI MAKMUR yang ada di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang.


Usai mengunjungi tempat ternak sapi perah milik Hj. Ali, kami langsung meluncur ke tempat dimana hasil susu sapi ini di setorkan dan di tamping sebelum di kirim ke Perusahaan Nestle. Kami bersama dengan Hj. Ali berangkat menuju KUD. TANI MAKMUR untuk menyetorkan susu, dan bisa melihat warga senduro lainnya yang juga ingin menyetorkan hasil susu dari sapi perah milik mereka.



Di KUD. TANI MAKMUR kita melihat secara langsung proses penyetoran susu ini. Sebelum susu di masukan kedalam tabung penyimpanan, terlebih dahulu petugas KUD. TANI MAKMUR mengukur kadar kemurnian dari susu tersebut dengan menggunakan alat. Apabila kadar kemurnian susu tersebut kurang memenuhi, susu tidak akan di terima oleh KUD. Setelah itu susu langsung di masukan kedalam tabung penyimpanan yang di lengkapi dengan alat penyaring.



KUD. TANI MAKMUR ini mempunyai 10 unit tempat untuk para warga senduro menyetor susu, di masing-masing unit sudah terdapat jadwal dan standart penerimaan susu. “ pada saat pagi jam 05.30 – 06.15 WIB masing-masing unit bisa menampung kurang lebih 3 ton susu, sedangkan saat sore hari jam 15.15 – 16.00 WIB bisa menampung susu kurang lebih 4 ton. Jadi setiap hari KUD. TANI MAKMUR ini bisa menamung 70 ton susu sapi.
Nah.. ternyata Kabupaten Lumajang ini juga penghasil susu murni yang cukup banyak kan??
Salam Informasi…

Penulis : Muhammad Khoirul Anam
Editor   : Muhammad Khoirul Anam   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages