Home » » Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

KEBIASAAN mendonorkan darah di dalam diri kita ternyata memiliki segudang manfaat dalam kehidupan. Selain tujuan amal darah kepada orang lain yang membutuhkan transfusi darah, manfaat  donor darah juga membentuk regenerasi sel darah baru.
Praktisi kesehatan Universitas Indonesia (UI) dr Irene Ratna menyebutkan bahwa sel darah manusia pun memiliki usia. Sel darah yang sudah berakhir di dalam tubuh berakhir di ginjal, limfa, dan liver. Sehingga dengan donor darah, maka sebelum sel darah rusak, akan ada proses regenerasi sel darah regenerasi yang baru. Apalagi jika dilakukan rutin selama tiga bulan.
"Ada sel - sel yang baru pada seluruh tubuh, sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen bisa membuat tubuh menjadi lebih segar, dari ujung rambut sampai ujung kaki, jarang dan tak rentan kena penyakit, lebih kuat beraktifitas, dan bisa lebih awet muda, begitu juga sel darah putihnya," ujar Ibu Kartika (perempuan yang sempat bergelut di Palang Merah Indonesia (PMI)).
Ibu Kartika juga menambahkan manfaat donor darah juga membuat tubuh kita tak mudah lelah. Apalagi bagi pria yang tidak memiliki siklus menstruasi, tentunya sangat bermanfaat jika melakukan donor darah secara rutin.
"Dua - duanya penting baik pria maupun wanita, karena wanita juga kan ada yang pakai KB enggak menstruasi, atau ada yang menstruasi hanya dua hari, karena saya biasa donor jadi saya merasa ada kepuasan batin, tujuan psikologisnya demi kemanusiaan, tubuh sehat dan ibadah juga,"
Sementara itu, Karang Taruna Desa Tukum Kec. Tekung untuk setiap 3 bulan sekali rutin mengadakan kegiatan SANORAH (Sadar Donor Darah). "Donor darah saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat, tidak berbatas pada ingin menolong sesama. Masih terbatasnya stok darah di Lumajang juga menjadi alasan kami untuk menggelar aksi sosial ini," terang Bapak Saiful
Bapak Saiful menjelaskan bahwa alasan Karang Taruna mengadakan kegiatan SANORAH (Sadar Donor Darah) tersebut karena sebagai Karang Taruna yang mempunyai peranan dalam membantu masyarakat. Melalui kegiatan SANORAH (Sadar Donor Darah) ini diharapkan stok darah di PMI daerah dapat memenuhi kebutuhan dari masyarakat.
"Dalam kegiatan ini kami mengajak lapisan masyarakat dan dan Lembaga Sosial yang ada di Kec. tekung untuk ikut peduli dalam membantu masyarakat. Kita ingin menjadi pelopor dalam menggerakan puluhan ribu masyarakat untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) khususnya dalam memenuhi kebutuhan darah di kabupaten Lumajang,"tutupnya.

Sumber : Artikel Kesehatan
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger