Home » , » Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan Mata

Ikan cakalang atau tongkol sebagai bahan utama abon ikan mat abon  memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Jenis-jenis ikan seperti tongkol / cakalang atupun salmon ini baik untuk menjaga kesehatan mata, bahkan berbagai penelitian membuktikan nutrisinya bisa mencegah kebutaan pada orang lanjut usia (lansia).

Selain pada ikan salmon,ikan tongkol / cakalang kandungan omega 3 juga terdapat pada makarel, tuna, kepiting dan tiram. Kandungan asam lemaknya paling tinggi apabila disantap dalam keadaan segar, bukan hasil awetan atau yang sudah dikalengkan.
Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Johns Hopkins School of MedicineAge-related Macular Diesase (AMD) atau penyakit mata akibat proses penuaan. Penelitian ini melibatkan 2.400 relawan berusia 65-84 tahun.
Hasilnya adalah  kandungan omega 3 dari ikan cakalang/tongkol, salmon bisa menurunkan risiko untuk mengalami AMD pada relawan yang mengonsumsi ikan-ikan berlemak sebanyak 2 kali seminggu atau lebih. Faktor yang membedakan dengan relawan lainnya adalah asupan omega 3 yang tinggi dari ikan-ikan tersebut.
“Hasil penelitian ini memperkuat hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan asam lemak omega 3 pada ikan dan kerang bisa mencegah AMD,” ungkap salah satu peneliti, Sheila K West, PhD seperti dikutip dari MedicalNewsToday.
AMD ditandai dengan kerusakan sel retina, yang bisa berakhir dengan kebutaan. Diperkirakan 240.000 orang di Inggris dari berbagai usia menderita penyakit ini, baik karena faktor usia yang merupakan faktor utama maupun faktor lainnya seperti radiasi ultraviolet.



Asam lemak omega 3 disamping bermanfaat untuk mata  juga punya banyak manfaat untuk kesehatan yaitu dapat menjaga tekanan darah tetap stabil, menjaga ritme jantung dan mencegah penggumpalan darah yang memicu penyumbatan pembuluh arteri.


Nah.. ternyata ikan tongkol mempunyai gizi yang cukup baik untuk kita konsumsi, karena matanya bisa mencegah kebutaan mata. Masyarakat Kabupaten Lumajang mempunyai cara pengelolaan ikan tongkol, yang langsung bisa kita konsumsi yaitu Abon Ikan Tongkol. Ini adalah olahan ikan yang mempunyai kandungan yang baik untuk kita konsumsi. Dapatkan Abon Ikan Tongkol ini di “ KUB. CITRA “ di Kec. Pasirian Kab. Lumajang atau bisa langsung kontak person http://kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.com

Penulis : Muhammad Khoirul Anam
Editor   : Muhammad Khoirul Anam

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger