Home » » Desa Tukum Mengikuti Lomba Desa/ Kelurahan PHBS Dan Posyandu Tingkat Kabupaten Lumajang

Desa Tukum Mengikuti Lomba Desa/ Kelurahan PHBS Dan Posyandu Tingkat Kabupaten Lumajang

 Pemaparan Dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat 

Penilaian Administrasi Profil Desa

 
 Penilaian Administrasi Kegiatan PKK

 Penilaian Administrasi Profil BPD

Penilaian Rumah Sehat

Desa Tukum ikut serta dalam lomba Desa/ Kelurahan PHBS dan posyandu berprestasi tingkat Kabupaten Tahun 2013. Dari 8 Desa yang berada di wilayah Kecamatan Tekung, Desa Tukum di tunjuk oleh Pihak Kecamatan Tekung untuk ikut serta dalam Lomba  Desa/ Kelurahan PHBS tingkat Kabupaten Lumajang. Penilaian oleh tim Kabupaten Lumajang telah dilakukan (10/04/2013) di masing - masing Desa / Kelurahan tersebut.
Tim Penilai Lomba Desa/ Kelurahan PHBS terdiri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat. “ Karena ini masih dalam tahap penyaringan, tetapi masih ada tahap selanjutnya yaitu penyaringan lagi hingga 5 besar. Untuk Desa/ Kelurahan yang masuk 5 besar, penilaian akan di perketat lagi karena tim penilai terdiri dari dinas – dinas terkait ”. Ujar Ibu Endang Wahyuningsih
Dalam penilaian, tim penilai tersebut langsung didampingi oleh Ketua PKK Kecamatan dan Ketua PKK Desa. Penilaian dilakukan terhadap unsure kelengkapan administrasi seperti SK pemenang oleh Kepala Desa, Profil Desa/ Kelurahan PHBS dan profil posyandu, Profil BPD, pemetaan Desa/ Kelurahan PHBS dan pemetaan posyandu, serta laporan kegiatan PKK Desa Tukum.
Untuk salah satu penilaian PHBS yaitu rumah sehat, pihak Kecamatan dan Desa menunjuk rumah Ibu Lilik sebagai acuan rumah sehat. Disini tim penilai langsung mengunjungi rumah ibu lilik di dampingi oleh Camat, Kepala Desa, dan Ketua PKK Desa Tukum.
Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan  upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat, dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan edukasi, untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku, melalui pendekatan pimpinan (Advokasi), bina suasana (Social Support) dan pemberdayaan masyarakat (Empowerment).
Dengan demikian masyarakat dapat mengenali dan mengatasi masalahnya sendiri, terutama dalam tatanan masing - masing, dan masyarakat/ dapat menerapkan cara - cara hidup sehat dengan menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Sedangkan Posyandu berprestasi merupakan upaya memberikan penghargaan terhadap posyandu yang secara prima memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayahnya sehingga berperan dalam memantau status kesehatan dan sekaligus menurunkan resiko kesakitan dan kematian masyarakatnya khususnya ibu, anak, dan balita.

Penulis : Yoko
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADI PAHLAWAN ANTI HOAX

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger