Home » » Yuk.. Ingat lagi cara mencegah Demam Berdarah

Yuk.. Ingat lagi cara mencegah Demam Berdarah



kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.com.. Saat ini musim hujan terasa makin banyak nyamuk di lingkungan tempat tinggal. Musim penghujan umumnya menjadi awal penyebaran penyakit musiman yang disebabkan oleh nyamuk. Salah-satunya penyakit demam berdarah.
Bagaimana cara praktis dan tepat yang dapat dilakukan guna menanggulangi penyakit demam berdarah antara lain dengan melakukan program 3M.
Dengan melakukan program 3M (menguras, menutup dan mengubur) tempat-tempat penampungan air hujan dan lainnya. Menguras bak mandi sekurang - kurangnya dua minggu sekali, menutup rapat atau menabur racun pembasmi jentik (larvasida), mengubur barang-barang bekas dan sampah-sampah yang dapat menampung air hujan. Hal ini diharapkan dapat membasmi demam berdarah dan perkembangbiakan nyamuk.
Selain itu, kita juga dapat melakukan antisipasi lainnya, hindari ruangan yang lembab dan perbaiki sirkulasi udara.Ruangan yang lembab sering dihinggapi nyamuk karenanya hindari ruangan tersebut. Caranya, perbaiki sirkulasi udara di ruangan tersebut agar udara bisa segar dan tidak lembab. Ini akan membuat nyamuk-nyamuk pergi.
Jangan biarkan baju kotor menumpuk atau digantung. Baju atau celana yang kotor mempunyai banyak kuman dan sangat suka dihinggapi nyamuk. Agar ruangan tidak banyak nyamuknya sebaiknya taruh baju kotor pada tempatnya dan tutup rapat-rapat atau bisa mencucinya langsung agar tidak menumpuk.
Cobalah menanam tanaman anti nyamuk. Menanam tanaman yang bisa mengusir nyamuk, misalnya bunga lafender atau jeruk. Letakkan tanaman tersebut di pekarangan atau dekat dengan jendela kamar agar nyamuk tidak berani masuk.
Semprot rumah secara rutin dengan anti nyamuk, atau gunakan hand bodi anti nyamuk di kulit, atau menutup jendela dengan kawat kasa halus, dan lakukan abatebnisasi tempat-tempat penampungan air bersih yang sulit dibersihkan. Ayoo berantas DBD jaga kebersihan rumah dan lingkungan agar bebas jentik dan nyamuk aedes aegypti.
Demikian tips pencegahan demam berdarah dari kami.. semoga bermanfaat untuk masyarakat dalam mencegah waba demam berdarah..

Penulis : Yoko & Nuriz
Share this article :

+ comments + 2 comments

11 April 2013 18.21

kita coba' brita untuk para kaula muda bagaimana??

11 April 2013 19.40

monggo tdk apa2... maaf ini dengan siapa ya? mohon beri identitas nya pak

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADI PAHLAWAN ANTI HOAX

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger