Pura Mandhara Giri Semeru Agung Senduro Lumajang - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Rabu, 24 April 2013

Pura Mandhara Giri Semeru Agung Senduro Lumajang


kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.com, Lumajang, tepatnya di desa Senduro terdapat pure Mandhara Giri Semeru Agung yang dibangun sejak tahun 1991 dan masih dalam proses pengembangan sampai saat ini wow. Pure Mandara Giri Semeru Agung ini terletak di Desa Senduro, sekitar 17 km dari kota lumajang. Didataran yang tinggi sehingga viewnya semakin bagus.
Jika ingin kesana dengan transportasi umum mudah saya. Dari belahan Indonesia manapun kalian hanya perlu ke Surabaya terlebih dahulu kecuali yang disekitar jatim ya, setelah itu dari terminal bis Surabaya silahkan mengambil jalur bis yang menuju Banyuwangi atau Jember. Perjalanan dengan bis dari Surabaya akan menempuh waktu kurang lebih 4 jam. Sampai di terminal Lumajang (Wonorejo) naik angkot (biasanya warna merah) kearah Lumajang kota dan turun di Klojen. Bilang saja sama sopirnya kalau mau ke Senduro.
Dari situ banyak angkutan ke Senduro dengan mobil Elf. Naik saja turun di Pura Mandhara Giri, atau paling mentok ya di bawah pura sebelum tanjakan tau naik ojek kalau diturunin di pasar hehe. Perjalanan ke Senduro dari Klojen Lumajang ditempuh sekitar 1 jam dan bisa lebih malah soalnya angkotnya jalannya super pelan-pelan. Setiap weekend ada saja rombongan yang berkunjung ke pura ini.
Kebanyakan pengunjung adalah dari pulau seberang, pulau Bali. Dan acara paling ramai yang diselenggarakan disini adalah pada saat ulang tahun pure (Piodalan) atau sekitar pertengahan-akhir Juni. Nah kalau pas acara ini rame banget, banyak yang jual-jual souvenir juga. Hampir setiap malam ada acara entah tari-tarian ataupun kayak drama- drama gitu yang asli pemainnya dari Bali, bergilir tiap kabupaten disana.
Naah... para pembaca blogger.. Lumajang ini banyak sekali memiliki potensi dari berbagai objek, mulai dari pariwisata, pertanian, peternakan, seni budayanya dll. Bahkan Lumajang juga memiliki peninggalan bersejarah, kami akan mencoba untuk menunjukan kepada Dunia, bahwa kami bangga sebagai masyarakat Lumajang, dengan apa yang di miliki Lumajang..

Penulis : Muhammad Khoirul Anam
Editor  : Muhammad Khoirul Anam


3 komentar:

  1. sejauh ini KIM yang paling keren ya KIM ini (menurut ane) niat, sampe download template segala, padahal ada yg gak loh :D
    sukses terus deh buat Lumajang menuju Lumajang Online 2014 :D
    >> www.info-kitaku.blogspot.com
    >> www.suryawow.tk

    BalasHapus
  2. terima kasih... hehehhe.. semangat...

    BalasHapus
  3. saya suka ..mohon izin untuk mendownload

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages