E-Warong Bina Sejahtera, Solusi Belanja Bagi Warga Prasejahtera - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Rabu, 28 Februari 2018

E-Warong Bina Sejahtera, Solusi Belanja Bagi Warga Prasejahtera



“Program e-Warong sangat efektif untuk menyalurkan bantuan sosial dan memperluas cakupan pelayanan serta meringankan beban pengeluaran masyarakat miskin”

Tekung, Kelompok Informasi Masyarakat - Sekretaris Kecamatan Tekung, Imam Chomsani meresmikan peluncuran program e-Warong KUBE-PKH Bina Mandiri Sejahtera di Desa Karangbendo Kecamatan Tekung, Rabu (28/2).

Acara ini dihadiri oleh Perwakilan Dinas Sosial Kab. Lumajang, sejumlah pejabat dan staf Pemerintah Kecamatan Tekung, para pendamping PKH Kecamatan Tekung, Perangkat Desa Karangbendo, dan seluruh pengurus e-Warong Kube Desa Karangbendo.

Koorcam Pendamping PKH Kecamatan Tekung, Mar'atus Sholikha dalam laporannya mengatakan, bahwa Program e-Warong merupakan program dari Kementerian Sosial RI bersama Pemerintah Kabupaten Lumajang yang berkerja sama dengan Bulog, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan Koperasi Masyarakat Sejahtera Indonesia (KMIS).

Program ini merupakan tindak lanjut dari upaya pengentasan kemiskinan melalui sinergi program PKH dengan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE). “Tujuannya tentu untuk meningkatkan efektifitas bantuan sosial dan memperluas cakupan pelayanan, meringankan beban pengeluaran masyarakat miskin dan salah salah satu mengentaskan kemiskinan,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, sebelumnya bantuan langsung diberikan kepada masyarakat dalam bentuk beras, namun sekarang memakai kartu yang disebut e-voucher yang dapat dibelanjakan sembako di e-Warong dengan harga yang lebih murah. Dengan e-Voucher ini masyarakat bisa membeli sembako seperti beras, minyak goring, gula dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, program e-Warong menjadi solusi atas pencegahan berbagai praktek penyimpangan dalam penyaluran bantuan kepada masyarakat. Jumlah e-Warong di Kecamatan Tekung masih ada 1 unit, dan untuk tiap warung memiliki 10 pengurus yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendaraha, dan anggota.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Tekung Imam Chomsani menyambut baik dengan adanya program pemerintah ini. Program Kementerian Sosial ini dinilai sangat membantu masyarakat kurang mampu dalam memperoleh kebutuhan pangan. Diharapkan unit e-warong di wilayah Kecamatan Tekung jumlahnya bisa bertambah agar mempermudah peserta PKH untuk menjangkaunya.

Acara diakhiri dengan pemotongan pemotongan nasi tumpeng sebagai tanda peresmian e-Warong KUBE Bina Mandiri Sejahtera di Desa Karangbendo Kecamatan Tekung. (KIM SH-lmj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages