Alun-alun kota Lumajang - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Sabtu, 27 April 2013

Alun-alun kota Lumajang


Alun – Alun Kota Lumajang yang menjadi pusat kota Lumajang, kini sudah jauh berbeda. Selain terdapat hamparan lapangan, di lingkari dengan banyaknya tanaman dan pohon – pohon rindang. Sebagai ikon sejarah, tempat bertemunya para raja, pejabat dan rakyatnya, Alun – Alun Lumajang, hingga kini terpelihara dengan baik. Ditengah Alun – alun terdapat pohon beringan besar yang usianya sudah ratusan tahun dan kini menjadi Jantung Kota Lumajang.
Selain digunakan untuk upacara hari – hari besar nasional, Alun – alun Lumajang kini juga menjadi taman kota yang indah dan asri, sekaligus menjadi simbul kepedulian masyarakatnya terhadap kelestarian lingkungan. Bahkan, setiap minggu pagi, kawasan Alun – alun Lumajang dijadikan area Car Free Day untuk menyeimbangkan alam akibat polusi kendaraan dan sekaligus sebagai bentuk komitmen kepedulian lingkungan.
Alun – Alun ini dihiasi beragam tanaman yang juga merupakan paru-paru kota dengan Luas 6, 025 Ha. Disekitar Alun – Alun juga dikelilingi perkantoran pemerintah ( kantor Bupati Lumajang), sekolah, Perbankan, Gedung Serba Guna , Pendopo Kabupaten, dan Masjid Agung KH. Anas Mahfut.  Kawasan ini juga dilengkapi fasilitas untuk taman rekreasi anak – anak dan taman.

Penulis : Muhammad Mauludi
Editor  : Muhammad Khoirul Anam

6 komentar:

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages