Home » , » BUPATI : Giatkan Keberadaan Lumbung Pangan Di Lumajang

BUPATI : Giatkan Keberadaan Lumbung Pangan Di Lumajang


Bupati Lumajang, Drs. As’at M. Ag meminta masyarakat untuk kembali menggiatkan keberadaan lumbung pangan yang fungsinya untuk meminimalkan kerawanan pangan. Hal itu terungkap saat peresmian Lumbung Pangan Kelompok Tani “UMMAT” Desa Yosowilangun Lor Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Selasa (9/6/2015).

Diawali dengan pengguntingan pita oleh Bupati Lumajang, Drs. As’at M.Ag didampingi dengan leading sektor terkait dan Muspika Yosowilangun sebagai tanda peresmian lumbung pangan “UMMAT”. Dilanjutkan dengan peninjauan stand bazaar hasil produk unggulan pertanian berupa bahan pangan yang merupakan hasil dari kelompok tani se-Kabupaten Lumajang seperti beras organik, pengolahan makanan maupun camilan khas Kabupaten Lumajang dan lainnya.

Menurut Bupati Lumajang, Drs. As’at M.Ag, adanya lumbung pangan sebagai tempat penyimpanan cadangan gabah dan yang lainnya memang sudah ada sejak zaman dulu dimanfaatkan oleh para petani. Namun, semakin ke sini terkesan tidak aktif lagi. Oleh karena itu, pihaknya meminta para petani bisa kembali menggiatkan lumbung pangan tersebut guna menyimpan cadangan pangan yang ada. Saat ini pangan sangat penting bagi masyarakat dan mudah-mudahan masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik agar tidak terjadi kesulitan pangan ketika musim paceklik.

Bupati As’at juga menambahkan bahwa ketahanan pangan harus terus diperkuat sebagai cadangan. Karena produk pangan kita bersaing dengan pangan impor yang banyak beredar di pasaran. Oleh karena itu pemerintah mempunyai kewajiban untuk mencanangkan ketahanan cadangan pangan di masyarakat.

”Dengan hadirnya lumbung pangan ini diharapkan bisa berfungsi ketika paceklik, sehingga akan bisa memudahkan masyarakat dalam mencari pangan,” jelasnya.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang, Ir. Hairil Diani menambahkan keberadaaan lumbung pangan sangat penting guna mewujudkan ketersediaan pangan. Karena pangan yang ada di masyarakat dipenuhi oleh tiga komponen seperti produksi, pasokan dan cadangan pangan. Untuk cadangan pangan memang sangat penting guna menjaga kesenjangan dan persiapan kelangkaan pangan karena gangguan bencana alam dan yang lainnya.

“Saat ini Kabupaten Lumajang telah mempunyai sekitar 48 bangunan lumbung pangan dari beberapa kelompok tani yang tersebar di 21 kecamatan, dan diakui masih banyak desa yang belum memliki gudang lumbung pangan. Diharapkan pengelolaan ini bisa berjalan secara berkelanjutan,” harapnya. An-m)


Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Lumajang
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger