Home » » Kamu Ingin Tubing,, Ayoo ke Lumajang

Kamu Ingin Tubing,, Ayoo ke Lumajang


Wisata Kali Betoto merupakan salah satu potensi wisata di Kabupaten Lumajang, tepatnya terletak di Dusun Tempoeran Desa Senduro Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Berjarak kurang lebih 15 Kilometer kea rah barat dari Kota Lumajang. Kali Betoto merupakan sungai yang berarus deras dengan jenis bebatuan kecil hingga besar yang mengalir dari kaki Gunung Semeru. Belum lagi pemandangan yang masih asli di hamparan hutan jati dan tanaman duren menghiasi perjalan kita di sekitar sungai dengan cuaca yang sejuk dan nyaman.

Apa yang ditawarkan jika mengunjungi wisata Kali Betoto? Jawabannya adalah tubing. Iya, Tubing atau yang dikenal dengan body rafting merupakan jenis olahraga air yang cukup menantang. Uniknya kegiatan meluncur bebas atau istilahnya dalam bahasa jawa yakni kintir di Kali Betoto yang berarus deras ini dengan menggunakan ban dalam truk. Seperti layaknya rafting, para peserta juga dilengkapi dengan helmet, pelampung keselamatan dan pelindung kaki untuk menjaga keselamatan dalam perjalanan.

Dan yang lebih menantang lagi satu ban hanya diisi dengan satu orang. Cak Supar, salah satu pengelola Tubing Advanture Team kepada Bagian Humas Setda Kabupaten Lumajang menjelaskan ide olahraga air tubing di desanya dimotori oleh sekumpulan anak-anak muda yang tergabung dalam Organisasi Karang Taruna Desa Senduro di bawah naungan pemerintah desa setempat.

"Awalnya kami anak-anak muda di Dusun Tempoeran Desa Senduro berpikir bagaimana memanfaatkan potensi alam yang ada di desa kami dan membangun kampung halaman termasuk melestarikan alam yang ada. Awal mula kali betoto ini hanya menjadi sebuah tempat anak desa untuk sekedar kintir di sungai, akan tetapi dengan kreativitas anak-anak desa ini Kali Betoto bisa memberikan nilai rupiah untuk mereka. Bukan hanya rupiah yang mereka dapatkan, tapi anak-anak muda di desa bisa lebih terarah dengan hal-hal positif”.

“ “Tempoeran Tubing Adventure” nama TEMPOERAN adalah sebuah nama dusun dari daerah terlahirnya wisata tubing, maka jadilah TEMPOERAN TUBING ADVENTURE. Dengan nama itu, kami berharap masyarakat mengetahui tahu bahwa kita juga ingin mengusung nama daerah di Kabupaten Lumajang untuk bisa dikenal lebih luas lagi dengan adanya wahana wisata air yang memacu adrenalin”.

“Tempoeran Tubing Adventure” pada tahun 2013 kami sudah mulai merintisnya dan pada Awal tahun (01 Januari 2015) rintisan tubing ini dibuka pertama kali untuk umum," tuturnya.

Hingga saat ini menginjak bulan ke-3, Cak Supar beserta pengurus lainnya mengaku kegiatan yang menantang ini mulai diminati oleh pengunjung mulai dari masyarakat biasa, organisasi kepemudaan, anak-anak sekolah, wartawan hingga dinas-dinas di bawah jajaran Pemkab, baik dalam ataupun luar daerah.

"Awalnya kami hanya memiliki keterbatasan peralatan yang digunakan untuk tubing, karena modal yang digunakan adalah patungan. Namun untuk sekarang ini sudah bertambah lebih dari 40 ban lengkap dengan pelindung kaki dan tangan serta crew sebanyak 32 orang yang terdiri dari pemuda-pemuda di desa," kata Supar

Menurut Supar, para tamu biasanya datang pada akhir pekan dan secara rombongan. "Minimal 10 orang, tapi kalau pengunjung yang datang kurang dari 10 maka biasanya kami gabung dengan pengunjung yang lain. Setiap rombongan akan didampingi sekitar 5 sampai 10 guide. Sedangkan bagi peserta tubing usia dibawah umur, dilakukan pendampingan secara khusus jadi bisa dipastikan keamanannya." jelasnya.

Adapun perjalanan menantang yang ditawarkan yaitu aliran sungai yang membelah 3 desa dengan jarak tempuh kurang lebih 4 kilometer dengan waktu sekitar 1,5 – 2 jam (normal) dengan memberikan pengalaman yang mengasyikan, menyenangkan dan takkan terlupakan dengan sajian pemandangan alami tebing dan bebatuan gunung semeru yang eksotis, ditambah dengan air yang jernih. Hidangan susu jahe hangat di tengah perjalanan (Pos 1) juga disajikan kepada para pengunjung.

"Untuk sekarang ini harga yang dipatok sekitar Rp 48 ribu, akan tetapi harga ini bisa berubah seiring berjalannya waktu kedepannya”.

Sementara itu Bagian Humas Setda Kabupaten Lumajang, mengaku sengaja datang bersama fotografer, videographer dan reporter untuk melakukan liputan potensi daerah secara khusus di akhir pekan. "Berlibur dengan melakan peliputan potensi daerah”. Kalau di Lumajang biasanya identik dengan wisata alam pegunungan. Tidak menyangka ada juga tawaran wisata menantang seperti ini. Bisa teriak-teriak di atas ban bareng kawan-kawan. Pemandangan sepanjang perjalanan juga luar biasa indah, belum lagi hutan jatinya. Benar-benar wisata yang menantang," jelasnya.


Tertarik menerima tantangan dari sebuah ban dalam? Datang saja ke Dusun tempoeran Desa Senduro Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Pastikan stamina Anda siap karena perjalanan yang penuh tantangan akan dimulai dari sekretariat, berjalan kaki kurang lebih sekitar 600 meter melewati jalan setapak. Jangan lupa siapkan sandal gunung, sunblock dan juga baju ganti. Selamat ber-tubing di Kali Betoto. (KIM SH)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger