Home » » Sejarah Mesjid Tua Yang Berumur 101 Tahun

Sejarah Mesjid Tua Yang Berumur 101 Tahun

Kabupaten Lumajang memiliki beberapa benda peninggalan bersejarah yang ada di tiap-tiap Kecamatan di wilayahnya. Disini kami akan menginformasikan salah satu benda bersejarah yang berada di Dusun Munder Desa Tukum Kec. Tekung, yaitu Mesjid Baitur Rahman dengan jarak tempuh 7 Kilometer ke arah timur dari kota Lumajang. Transportasi, mudah dicapai dengan kendaraan sepeda motor dan juga mobil. Dari Terminal Wonorejo bisa naik bus jurusan kencong, dan bisa langsung turun di Munder - Tukum… mudahkan???



Konon pada tahun 1912 di bangun sebuah mesjid yang bangunannya hanya pondasi, tiang bambu, dan beratapkan daun kelapa. Mesjid ini adalah mesjid yang pertama kali di bangun di Desa Tukum, dengan pendirinya bernama Kyai Usman. Dan beliau wafat pada tahun 1928.
Kemudian pada generasi ke-2, mesjid ini di bangun lebih bagus dan di tambahi dengan 3 Pondok oleh Kyai Syukhaimi pada tahun 1930. Mesjid ini di jadikan Pondok Pesantren, dan di beri nama dengan Pondok Pesantren Torekho Nakhsofandi. Di masa-masa ini bisa di bilang kejayaan Pondok Pesantren ini, karena ada sekitar 650 santri di Pesantren ini. Dan beliau wafat pada tahun 1957.
Kemudian pada generasi ke-3 ini di kelola oleh putranya yang bernama Kyai Ismail, tapi beliau hanya bisa mengelola Pondok Pesantren selama 6 bulan saja, di karenakan beliau sakit dan wafat. Setelah ini tidak ada lagi generasi yang meneruskan. Dan santri di Pondok Pesantren ini sudah tidak ada lagi.
Pada tahun 1960, ada tokoh ulama dari desa tukum sendiri yang bernama Kyai Ashari, beliau mengelola mesjid ini, dan hanya di pakai untuk beribadah saja untuk warga sekitar. Dan mesjid ini dig anti dengan nama Mesjid Baitur Rohman.







Ini adalah salah satu mesjid tertua dan mempunyai nilai sejarah, dengan postur bangunan yang antic dengan umur 101 tahun. Di halaman mesjid terdapat makam dari keluarga pendiri mesjid ini dari berbagai generasi penerusnya. Di samping bangunan ini yang masih kental dengan postur bangunan tua, di dalam mesjid ini sangat unik sekali. Karena di dalam nya terdapat 31 kerangka pintu di sudut-sudut mesjid, dan 9 jendela.


Kami berharap mesjid ini akan bisa terus berdiri dan jangan sampai menghilangkan nilai sejarahnya. Karena mesjid ini mempunyai eksotika sejarah yang di sangat penting untuk Kabupaten Lumajang.
Nah.. ini adalah salah satu benda bersejarah yang di miliki oleh Kabupaten Lumajang, yaitu sebuah mesjid. Masih banyak lagi tempat bersejarah yang ada di sini yang akan kami posting.. silahkan beribadah mesjid ini dan nikmati suasana beribadah seakan-akan anda ada di masa 101 tahun yang lalu hehehe… terima kasih

Penulis : Muhammad Khoirul Anam

Editor   : Muhammad Khoirul Anam
Share this article :

+ comments + 2 comments

4 Juni 2013 10.45

Great . . . ini namanya informasi yang patut diteladani. Be the Best pren . . .

5 Juni 2013 20.24

@Raden Panji : Terima kasih mas.. ini adalah salah satu benda bersejarah yang di miliki Kabupaten Lumajang. Kita harus menjaga dengan baik nilai sejarah

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger