Home » » Ekspedisi Ranu Kuning

Ekspedisi Ranu Kuning



Sabtu (13/8/2014), Tim Ekspedisi KIM Sinar Harapan Tekung berhasil mencapai Ranu kuning, sebuah danau yang selama ini bagaikan sebuah mitos di Gunung Semeru. Namun danau yang kaya flora dan fauna ini akan tetap ditutup untuk umum, kecuali untuk penelitian dan pendidikan.

Nama Ranu kuning nyaris tidak dikenal para pendaki Semeru. Nama ini kalah terkenal dengan sejumlah danau lain, seperti Ranu Pane, Ranu Regulo, Ranu Darungan, Ranu Kumbolo, Ranu tompe dan Ranu Pakis.

“Selama ini Ranu kuning dikenal lewat pencitraan satelit dan cerita warga sekitar. Tapi belum pernah ada yang membuktikan ke sana,”Tidak banyak warga sekitar yang pernah ke Ranu kuning.

Namun pertengahan september lalu, tim ekspedisi gabungan yang dibentuk oleh KIM (kelompok Informasi Masyarakat)berhasil menembus hutan belantara dan menemukan kawasan ranu kuning,walaupun ranu kuning dalam keadaan kering,memeng menurut para warga ranu kuning adalah sebuah danau tandonan air hujan.

Kondisi alam yang masih asli itulah yang membuat danau ini menjadi pusat sejumlah flora dan fauna. Tim bahkan menemukan bekas cakaran macan dengan ukuran besar. Ada kecurigaan, bekas cakaran di pohon tersebut milik harimau Jawa, yang sudah dinyatakan punah. (y-ko/ kim)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger