Home » , » Lindungi Petani Kedelai, Bupati Lumajang Layangkan Surat Untuk Stabilkan Harga

Lindungi Petani Kedelai, Bupati Lumajang Layangkan Surat Untuk Stabilkan Harga



Harga komoditi pangan terutama kedelai yang sempat mengalami penurunan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para petani kedelai di Lumajang. pasalnya pada bulan oktober mendatang Kabupaten Lumajang akan melakukan panen raya kedelai. Kurang lebih 2 ribu hektar tanaman kedelai akan di panen secara masal. Jika harga pasaran kedelai stabil, tentunya ini akan menjadi berkah tersendiri bagi para petani kedelai di Lumajang. namun jika harga kedelai mengalami penurunan tentu lain cerita.

Untuk itu Bupati Lumajang telah melayangkan surat kepada Gubernur Jawa Timur dengan tembusan Kementerian pertanian RI dan Kementerian Perdagangan RI. agar harga kedelai di Indonesia tetap stabil.

Ini cukup beralasan karena dalam sektor pertanian kedelai pada tahun 2014 Kabupaten Lumajang oleh Pemerintah Nasional ditarget dengan kebikan program perluasan area tanam (PAT) kedelai sebesar 2.700 hektar, dengan produksi 2 ton dalam 1 hektarnya. Hal itu disampaikan oleh Ir. Paiman Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang.

Kestabilan harga akan menjadi jaminan bagi para petani kedelai Lumajang untuk terus menanam kedelai dan meningkatkan hasil produksinya. Jika ini dilakukan otomatis PR berupa program PAT dari pemerintah pusat pasti akan terwujud.

Dalam surat tersebut telah dicantumkan kisaran harga stabil untuk kedelai. Yaitu dikisaran Rp 7.200 – Rp 7.500 per kilogram. harga tersebut dirasa cukup untuk para petani mendapatkan keuntungan.

Surat dari Bupati ini diharapkan dapat menghilangkan keresahan para petani kedelai, dan sekaligus mampu menyukseskan progaram nasional target 2.700 perluasan area tanam tahun 2014.

Sumber : humas-lmj
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger