Home » , » KIM Ajak Masyarakat Untuk Tanam Sayur Organik

KIM Ajak Masyarakat Untuk Tanam Sayur Organik


Dengan semakin berkembangnya teknologi, salah satunya adalah Teknologi Informasi. Yang mana dengan mudahnya masyarakat untuk bisa mendapatkan informasi yang kerap dibutuhkan. Dalam kesempatan kali ini, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sinar Harapan Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, yang mana tujuan dari kelompok ini dibentuk untuk memperdayakan masyarakat akan informasi. Kami bermaksud untuk menerapkan hasil serap, olah dan sebar informasi dengan menanam sayuran organik, dimana upaya kami ini juga mendukung program kerja Pemerintah Kabupaten Lumajang di bidang Pertanian yakni Program Sigarpun Bulat. Yang mana Program Sigarpun bulat ini adalah Aksi – Gearakan Pemupukan Organik dan Benih Unggul Bersertifikat yang dicanangkan oleh Bupati Lumajang pada 15 Desember 2011.
                       
Dengan tindakan awal kami menanam sayur organik ini, kami bermaksud mengajak para masyarakat mengembangkan penanaman sayur organik sekaligus untuk mengajarkan hidup sehat kepada masyarakat dengan cara menanam sayur tanpa menggunakan pupuk kimia dan pestisida. Kami sudah mempersiapkan ratusan bibit sayur yang sudah lama kita semai di dalam poliback, yang nantinya akan di distribusikan kepada masyarakat.

Sayur-sayuran yang kita makan itu menyehatkan, tetapi jika menggunakan pupuk kimia atau disemprot dengan pestisida, maka justru membahayakan kesehatan. Dengan cara ini kita mengajak petani agar tidak menggunakan pestisida.

Karena menurut kami, pestisida yang digunakan untuk menyemprot hama tanaman sayur-sayuran mengandung zat berbahaya, yakni residu pestisida. Zat berbahaya itu, memang tidak secara langsung menyebabkan yang makan sayur-sayuran itu sakit, tetapi bahan bahaya berupa residu pestisida berdampak jangka panjang, antara lain bisa menyebabkan kanker, tumor, dan penyakit kronis lainnya.

"Dampak penggunaan bahan pestisida pada makanan bukan saja menyerang manusia, namun berdampak negatif terhadap ekologi atau lingkungan, seperti tercemarnya air tanah dan perubahan pada sistem hormon hewan ternak mamalia serta ikan.

Dari sumber informasi kesehatan, pestisida bukan hanya menempel pada sayuran dan buah-buahan, tetapi ikan dan ternak yang dikonsumsi masyarakat juga bisa ikut tercemar pestisida. Untuk itu kami ingin mengajak masyarakat dengan menanam sayur-sayuran dan tanaman pangan lainnya melakukan pengembangan pertanian organik atau melakukan pola hidup sehat.

Manfaat lainnya, adalah tanaman yang dihasilkan lebih sehat dan segar, tanaman yang dibudidayakan secara oganik mampu menjaga kelestarian dan keseimbangan alam karena tidak ada pencemaran. Apabila kita mengkonsumsi sayur mengandung pestisida secara terus menerus berdampak buruk bagi kesehatan. (anam/ kim-infopublik lmj)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger