Home » » Audiensi Pelaksanaan Panca Wali Krama Tahun 2014

Audiensi Pelaksanaan Panca Wali Krama Tahun 2014


Senin (16/6), Bertempat di Ruang Mahameru Pemkab. Lumajang, Sekretaris Daerah Kab. Lumajang, dr. Buntaran Suprianto M.Kes didampingi oleh jajaran SKPD Kabupaten Lumajang bersama dengan (Parisada Hindu Dharma Indonesia) PHDI Kabupaten Lumajang menggelar audiensi persiapan pelaksanaan Acara Puncak Upacara Panca Wali Krama. Yang rencananya akan dilaksanakan pada 21-26 Juli 2014 di Pure Mandara Giri Semeru Agung Kec. Senduro Kab. Lumajang.

Ketua PHDI Kab. Lumajang, Edy Sumianto, S. Ag mengatakan, dalam Lontar Raja Purana, tawur agung yang diselenggarakan setiap 10 tahun itu disebut Panca Bali Krama, sedangkan dalam lontar yang lain disebut Panca Wali Krama. Inti dari tawur tersebut adalah caru. Caru dalam kitab Samhita Swara berarti 'cantik' yakni mengharmoniskan kembali.

Dalam konteks ini, alam mesti diharmoniskan (butha hita), termasuk sesama individu umat (jana hita) menuju keharmonisan bersama (jagat hita). 'Tawur agung Panca Bali Krama ini pada esensinya adalah upaya menuju hal-hal yang harmonis. Misalnya alam yang rusak mesti diperbaiki atau dilestarikan, hubungan sesama lebih diharmoniskan dan sebagainya. Jadi, tawur agung ini merupakan momen untuk melakukan evaluasi terhadap berbagai sistem kehidupan menuju yang harmonis. Atau mengingatkan umat kepada upaya penegakan aspek kehidupan. Upacara Panca Wali Krama akan dihadiri oleh  umat Hindu dari beberapa daerah diIndonesia. Setidaknya umat Hindu dari 4 Provinsi akan menghadiri upacara akbar ini. 4 provinsi ini adalah Bali, Jawa Timur, Lampung, dan Jawa Tengah,' tambahnya.

Dalam audiensi yang dilaksanakan ini, (Parisada Hindu Dharma Indonesia) PHDI Kabupaten Lumajang, selaku panitia dalam acara upacara Panca Wali Krama bermaksud untuk koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk meminta ijin dan bantuan agar pelaksanaan ibadah dari umat Hindu berjalan tenang, aman dan kondusif.

Sekda Kab. Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M. Kes dalam audiensi ini menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Lumajang dari instansi terkait seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perhubungan, Bagian Humas, Muspika dan Tenaga Kesehatan Kec. Senduro siap untuk mendampingi berlangsungnya pelaksanaan Upacara Panca Wali Krama.  

Kami Pemkab Lumajang beharap, dari segala elemen dan lapisan masyarakat turut serta untuk kelancaran umat Hindu untuk beribadah di Pura Mandara Giri Semeru Agung ini terutama juga bagi masyarakat Desa Senduro dan masyarakat di Kecamatan Senduro pada umumnya. (anam/ kim-infopublik lmj)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger