Home » » Tingkatkan Peran KIM, Kominfo Jatim Gelar Rakor

Tingkatkan Peran KIM, Kominfo Jatim Gelar Rakor


Dinas Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO) Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan Rapat Koordinasi, Fasilitasi, dan Monitoring yang bertajuk “Peningkatan Peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) “ yang bertempat di Ruang Arjuna Bakorwil Malang, Rabu (28/5).

Rakor ini dihadiri oleh Dinas Kominfo Prov. Jawa Timur, Dra.Isrowi farida, M.Si dan nara sumber dari STIKOSA AWS Surabaya, Zainal Arifin. Yang mana dalam rapat koornidasi kali ini beliau memberikan materi jurnalistik kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Bakorwil Malang.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bakorwil Malang, Ir. Cipto Wiyono,M. Si, ia mengatakan, kegiatan Rakor ini merupakan bagian dari upaya strategis untuk meningkatkan peran kelompok informasi masyarakat di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam aspek publikasi, komunikasi dan informasi penyelenggaraan pemerintahan daerah yang akuntabel dan mudah diakses masyarakat.

Yang mana Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ini dibentuk sebagai mitra kerja pemerintah daerah dalam mendiseminasikan kebijakan pemerintah untuk mencari jalan pemecahan masalah secara efektif melalui pemberdayaan informasi publik dan jejaring komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

“Setiap pengelola SKPD dan anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) harus sejalan dan satu bahasa dengan kebijakan pemerintah daerah, terutama menyangkut pengelolaan informasi, komunikasi dan publikasi berbagai kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan”, ujar Cipto

Menurut Kabid. Jaringan Komunikasi Dinas Kominfo Prov. Jatim, Dra. Isrowi Farida. M.Si, bahwa peranan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ini sangat penting, karena sebagai penyambung lidah antara pemerintah dengan masyarakat. Akan tetapi dalam upaya meningkatkan peranan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ini masih terdapat kendala-kendala yang mengakibatkan menurunnya peranan dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tersebut. "Maka diharapkan dalam Rakor ini adanya bertukar pendapat dan pemikiran dari masing-masing SKPD untuk memaparkan program-program, terobosan maupun inovasi dalam pembinaannya terhadap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)”.

“Dalam Rapat koordinasi kali ini, Dinas Kominfo Prov. Jatim juga berkesempatan untuk melakukan update data Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sesuai dengan data yang nyata dari masing-masing SKPD yang hadir waktu itu, dan sekaligus juga memberitahukan tentang Lomba Cerdik Cermat Komikatif (LCCK) yang akan di adakan pada akhir tahun 2014” tambah Kabid. Isrowi Farida.

Harapannya dengan diadakan rapat koordinasi ini, untuk kedepannya peranan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di Bakorwil Malang ataupun di wilayah Provinsi Jawa Timur bisa lebih meningkat lagi dalam penyebaran informasi terhadap masyarakat, dan bisa mengikuti Lomba Cerdik Cermat Komikatif (LCCK). (anam/ kim-infopublik lmj)
Share this article :

+ comments + 2 comments

30 Mei 2014 09.14

Peranan KIM di era baru ini memang harus dioperasionalkan. Beberapa KIM yang berdomisili dipelosok, mewakili kelurahan/desa atau pemerintah daerah setempat, diharapkan dapat lebih berani. Be informed be strongly identiefed be smart ......
Kompak nee KIM Lumajang ....

6 Juni 2014 19.48

Iya pak e... setuju...
buat KIM bijak. smangat.. kita harus berjuang untuk penyebaran informasi positif.... sehingga bisa di serap oleh masyarakat,,,,

salam informasi....

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger