Home » , » Pelepasan Burung Hantu (Dinas Pertanian)

Pelepasan Burung Hantu (Dinas Pertanian)


Kadin Pertanian Kabupaten Lumajang, Ir. Paiman mengatakan, masih banyaknya keberadaan hama tikus di desa Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang memang masih menjadi masalah yang sulit untuk ditangani oleh para petani. Bahkan bukan hanya di Desa kedungrejo, melainkan di Desa lain di Kecamatan Rowokangkung yang menjadi sentra pertanianpun mengalami hal serupa, seperti daerah Desa Sidorejo, Rowokangkung dan lainnya. Jum’at (4/4)

Selain karena keberadaan ular sawah sebagai musuh tikus yang nyaris punah, yang menyebabkan petani harus melakukan pemupukan secara kimia yang terus-menerus untuk memberantas hama. Dimana pemupukan secara kimia ini bisa menyebabkan unsur hara pada tanah melemah. Justru untuk sekarang ini pemerintah Kabupaten Lumajang sedang melakukan program pertanian sigarpun bulat, yang mana program ini adalah gerakan pemupukan secara organik.

Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang telah mengupayakan yang terbaik, tetapi dibutuhkan kerjasama dari semua pihak. Demikian akan diupayakan pemberantasan hama tikus dengan sistem alami tanpa menggunakan insektisida yang akan berdampak pada kwalitas tanaman Petani. Tetapi kembali pada efektifitas upaya itu, terkadang hasil yang diinginkan memang belum sesuai dengan keinginan Masyarakat. Walaupun Pemerintah juga telah berusaha membantu warganya.

(anam/ kim-olmj)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger