Home » » Bhaksos ke-6 oleh PPCI Kab. Lumajang

Bhaksos ke-6 oleh PPCI Kab. Lumajang

Dr. Armanto sedang memeriksa pasien

Untuk Ke-6 kalinya PPCI (Persatuan Penyandang Cacat Indonesia) Kab. Lumajang yang di ketuai oleh Ali Muslimin bekerjasama dengan Klinik Mata Tritya Surabaya, mengadakan serangkaian kegiatan yang berupa screening mata gratis dan SANORAH (Sadar Donor Darah) dengan Lions Club dan UDD PMI Lumajang sebagai Organisasi/ Lembaga yang mendukung berjalannya kegiatan ini.

Pemeriksaan Mata
Kegiatan ini juga di dukung oleh KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam) Kab. Lumajang, FKPSM (Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat) Kec. Tekung, Kelompok Informasi Masyarat (KIM Sinar Harapan) Kec. Tekung, , dan Karang Taruna Setya Bhakti Desa Tukum, dan Para instansi terkait. Bhakti sosial ini digelar di SD Negeri Jogoyudan 2 Kec. Lumajang Kab Lumajang, Minggu (16/3).

Screening Mata
Kegiatan diikuti kurang lebih 310 peserta dari usia anak-anak sampai dewasa. Dari 310 pasien yang terdata, ada 39 pasien yang terdeteksi mata katarak, dan pasien mata daging tumbuh. Pengobatan melibatkan 3 dokter ahli mata dan 17 relawan dari Klinik Mata Tritya Surabaya.
Kacamata Bersubsidi
Tak hanya pemeriksaan medis, apabila hasil diagnosa menyebutkan kondisi penglihatan pasien bermasalah, PPCI Kab. Lumajang bisa merujuknya untuk melakukan tindakan operasi bersubsidi ke Klinik Tritya Surabaya. Di antaranya memberikan kacamata baca bersubsisdi dari Lions Clubs Wilayah Jawa Timur seharga Rp. 15.000/ item bagi pasien sesuai resep dokter yang memeriksanya.

Menurut Ali Muslimin, program ini diselenggarakan untuk membantu pemerintah dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan. Kegiatan diharapkan dapat membantu masyarakat yang mengalami keluhan kesehatan mata namun tidak memiliki biaya.

Untuk Kegiatan SANORAH (Sadar Donor Darah), UDD. PMI Lumajang mendapatkan 13 Kantong darah, dan 8 orang calon pendonor di nyatakan gagal, karna tidak lolos persyaratan donor. Kita bersyukur karena masyarakat Lumajang banyak yang berjiwa sosial untuk mendonorkan darahnya, karena setetes darah kita menyelamatkan banyak jiwa. Ujar Saiful Ketua Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FKPSM) Kec. Tekung.

Kami berharap untuk kedepannya kegiatan ini akan bisa di adakan di Kabupaten Lumajang, dan untuk membantu masyarakat Kabupaten Lumajang mengatasi keluhan kesehatan mata yang di derita.

Kami mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Lumajang, mengucapkan terima kasih kepada Lions Club, Klinik Tritya Surabaya yang sudah memberikan bantuan untuk mengatasi keluhan kesehatan mata yang di derita masyarakat Kabupaten Lumajang. (anam/ kim-olmj)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger