Home » » Bupati Buka Acara Pameran/ Unjuk Karya dan Pentas Seni SMK se-Kabupaten Lumajang

Bupati Buka Acara Pameran/ Unjuk Karya dan Pentas Seni SMK se-Kabupaten Lumajang


Selasa (26/11/2013), siswa-siswi dari berbagai SMK di Kabupaten Lumajang baik yang Negeri maupun Swasta, menunjukkan keahliannya dalam unjuk karya yang difasilitasi Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang. Berbagai kompetensi keahlian dan beberapa hasil karya dari bidang kejuruan yang ditekuni para siswa dipertunjukkan kepada pelaku usaha dan industri di Kota Pisang ini.


Diantaranya, dari bidang perkayuan, tehnologi pangan, kecantikan, tata busana, tata boga, otomotif dan lainnya. Mereka berusaha menarik minat pelaku usaha dan industri yang berpotensi , yang nantinya bisa merekrut tenaganya selepas dari bangku sekolah nanti.


Dalam laporannya yang disampaikan oleh Drs Winhatno Hari Surya, MM Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang menyampaikan, bahwa gelar pameran dan unjuk karya bagi siswa SMK baik negeri maupun swasta Se-Kabupaten Lumajang ini sebagai wahana untuk menciptakan lulusan yang berkompeten dan berkarakter.


“Tujuannya, untuk mempromosikan kompetensi keahlian para siswa kepada pelaku usaha dan industri sebagai pengguna tenaga kerja. Selain itu mendorong kualitas tamatan SMK sesuai tuntutan dunia usaha dan industri,” katanya
Gelar pameran dan unjuk karya ini, masih katanya, juga untuk mengukur dan memantau peta kualitas dan kompetensi siswa sesuai bidang dan keahliannya. Serta, memberikan dorongan dan kesempatan bagi siswa untuk berkompetisi positif dan konstruktif “Sehingga dapat menumbuhkan kebanggan terhadap profesi dan sekolahnya,”
Ajang kompetensi keahlian dan kreatifitas para siswa SMK yang dibuka oleh Bupati Lumajang DR H Sjahrazad Masdar, MA Bupati dan Wakil Bupati Lumajang Drs H As’at Malik, Mag, yang bertempat di halaman Stadion Semeru Lumajang ini, mengundang minat para pelaku usaha. Bahkan, Gatot Gunarso, SH. Mhum. MM Kabid Dikmenjur dan Perguruan Tinggi Dinas Pendidikan Provinsi Jatim yang hadir dalam kegiatan ini, turut menyampaikan apresiasinya.
Bupati mengungkapkan, unjuk karya ini sebagai satu keuntungan dari jenjang pendidikan SMK, dimana anak didik memang diasah untuk menjadi tenaga terampil yang siap untuk bekerja dan berwirausaha.
“Yang saya bangga adalah, anak-anak SMK adalah anak-anak yang mandiri dan siap untuk bekerja sendiri. Karena mereka dibekali dan memiliki kompetensi keahlian dan keterampilan. Kalau anak SMA siap untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Itu bedanya antara SMK dan SMA,” beber Bupati Masdar.
Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang menyatakan, para siswa SMK merupakan anak didik yang dicetak sebagai generasi yang tidak akan pernah menganggur. Dengan kompetensi keahlian yang dimiliki, anak-anak SMK tidak akan pernah menganggur. “Kecuali mereka yang memang tidak suka bekerja,” ujar As’at Malik Wabup.

Foto by : KIM Sinar Harapan
Sumber : humas-lmj
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger