Home » » Argosari : Negeri Awan di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Argosari : Negeri Awan di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru


kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.com, Saya masih beruntung masa remaja bisa berpetualang bersama sanak saudara ke hutan di kawasan Semeru. Bisa menikmati hutan lebat, melihat pemandangan dari bukit-bukit. Di lembah masih terlihat pohon-pohon besar, beberapa orang melintas menggunakan sepeda motor. Mereka dari arah pegunungan. Sepertinya mereka penduduk Tengger. Menarik sekali, orang Tengger sudah menggunakan sepeda motor.
Tetapi meski menggunakan sepeda, ada yang masih khas di mereka, yaitu sarung. Ya, meski menggunakan sepeda dan sudah berjaket, mereka tidak menghilangkan ciri khas mereka yang selalu menggunakan sarung. Menurut beberapa orang di Pasar Senduro, sarung yang dibeli orang Tengger itu bukan yang murah. Karena mereka sebenarnya berduit. Ya, mereka petani yang tidak miskin di kawasan Tengger.
Hanya penampilan fisik mereka yang masih desa yang membuat banyak orang tidak percaya kalau mereka berduit. Saya jadi ingin tahu tentang mereka. Kemudian kami melanjutkan perjalanan menyusuri jalan itu menuju ke puncak pegunungan itu. Seperti halnya perjalanan di pegunungan, jalan terus menanjak dan beliku-liku. Tapi kabut semakin tebal. Jadi kami hanya bisa melihat awan di sekeliling di sepanjang perjalanan. Di beberapa titik tertentu, ketika tidak banyak kabut, kami bisa melihat indahnya pemandangan dari atas. Seperti negeri di awan. Hingga sampilah kami di perkampungan. Namanya Argosari.



Salah satu desa terpencil di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Desa ini masuk ke Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. desa ini lokasinya 1900 mdpl dan suhu udara waktu itu sekitar 20-22 derajat Celcius. Desa ini lebih dekat ke Gunung Bromo daripada Semeru.
Negeri Awan ( Argosari ) ini terletak sekitar 60 km dari kota lumajang ke arah barat. Didataran yang tinggi, karena kita harus naik turun bukit. Hehehe.. kalau saya lihat-lihat lagi saya jadi ingat di film kera sakti.. tentang dunia khayangan.. nahhh... seperti itulah Desa Argosari kalau pada saat di selimuti awan. Ini terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.
Wew... sangat membahana pemandangannya... serasa di khayangan... silahkan berkunjung....

Penulis : Muhammad Khoirul Anam
Editor  : Muhammad Khoirul Anam


Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger