Home » » Depot Ibu Winoto di Lumajang

Depot Ibu Winoto di Lumajang

Lalapan ikan gabus 
Anda pencinta kuliner? Jika ya, Anda patut mencicipi masakan sebuah depot sederhana di Desa Nogosari – Kabupaten Lumajang. Depot ini dengan jarak tempuh 10 Km dari kota Lumajang. Transportasi, mudah dicapai dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum baik roda dua maupun roda empat sebagai sarana angkutan tradisional masyarakat setempat, karena lokasinya berada di pinggir jalan raya. Depot tersebut bernama Depot Bu winoto dan masih menyajikan masakan Jawa dengan cita rasanya yang khas dan kuno.
Di sini ada menu yang khas yaitu lalapan ikan gabus ( ikan kutuk ), Tahukah Anda bahwa ikan gabus ( ikan kutuk ) atau ikan kutuk memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan tubuh. Asalkan benar cara mengolahnya daging ikan gabus ( ikan kutuk ) diyakini dapat menghilangkan nyeri pada persendian dan terapi bagi penderita autis. Sayangnya ikan yang hanya hidup disungai berair tenang ini kini semakin sulit didapat.
Menu olahan ikan gabus ( ikan kutuk ) masih bisa ditemukan diwarung milik bu Winoto warga Desa Nogosari Lumajang, Jawa Timur. Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memasak ikan gabus ( ikan kutuk ) adalah proses pencucian. Untuk menghilangkan rasa dan bau amis, ikan gabus ( ikan kutuk ) ditusuk stick bambu terlebih dahulu kemudian dicuci dengan air kapur.
Lalu ikan siap dimasak sesuai keinginan termasuk ikan gabus ( ikan kutuk ) goreng lalapan. Warung bu Winoto tiap hari menyediakan ikan gabus ( ikan kutuk ) sedikitnya 10 kilogram. Pembeli datang dari berbagai kota. Menurut ibu Winoto, ikan gabus ( ikan kutuk ) diyakini bisa menjadi terapi ngilu dan nyeri pada persendian tulang.

Namun jika bertujuan untuk pengobatan ada tips tersendiri saat memasaknya, misalnya ikan gabus ( ikan kutuk ) untuk terapi pengobat anak autis. Memasaknya ikan cukup dicuci lalu ditanak dengan diletakkan diatas lembar daun pisang. Harga 1 porsi ikan gabus ( ikan kutuk ) goreng diwarung bu Winoto cukup terjangkau, dengan 8000 ribu rupiah pembeli bisa mendapatkan 1 porsi ditambah sebakul nasi. Jadi depot bu winoto untuk setiap harinya pelanggannya banyak..
Silahkan berkunjung ke Depot Bu winoto.. hmm... cicipi menu yang di sediakan.. dengan cita rasa ikan gabus ( ikan kutuk ) yang khas.. trima kasih

Penulis : Adena Syarip
Editor  : Muhammad Khoirul Anam
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADI PAHLAWAN ANTI HOAX

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger