Ayo Ke Posyandu..!!! - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Senin, 08 Juli 2013

Ayo Ke Posyandu..!!!

Masyarakat Indonesia, khususnya ibu-ibu pasti sudah mengenal istilah Posyandu. Posyandu itu istilah lama yang diperkenalkan era kepemimpinan Presiden Soeharto yang merupakan singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu. Posyandu ini adalah salah satu upaya pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh, dari dan untuk masyarakat. Jadi, memberdayakan masyarakat untuk memberikan kemudahan akses layanan kesehatan bagi ibu dan balita.
Balita tahu khan? :p Ada 5 pelayanan kesehatan utama yang bisa didapatkan disini, yaitu layanan kesehatan ibu dan balita, konsultasi tentang keluarga berencana (KB), imunisasi balita, peningkatan gizi balita dan pencegahan-penanggulangan penyakit anak. Posyandu terbuka untuk semua masyarakat yang ingin berkunjung, yaitu bayi dan anak balita, bumil (ibu hamil), buni (ibu nifas) dan buteki (ibu meneteki/ menyusui), PUS (pasangan usia subur) dan pengasuh anak/ baby sitter. Posyandu ini dilaksanakan masyarakat yang dikader dan dibimbing petugas kesehatan dari puskesmas. 

Lalu, apa saja sih manfaat posyandu?
Banyak! Cek dibawah ini:
  • Memantau pertumbuhan bayi dan anak-balita sehingga terhindar dari gizi buruk;
  • Asupan kapsul vitamin A dan imunisasi lengkap untuk bayi dan anak-balita;
  • Pemantauan berat badan, tablet tambah darah dan imunisasi tetanus toxoid untuk bumil;
  • Asupan kapsul vitamin Adan tablet tambah darah untuk buni;

Penyuluhan wawasan, pengetahuan dan pengalaman terkait kesehatan ibu dan anak- balita. Nah? Banyak khan manfaatnya? Lalu, kapan saja bisa ke Posyandu? Posyandu dilaksanakan sekali sebulan di tiap RT/RW. Namun, jika dianggap perlu dapat dilaksanakan lebih dari satu kali. Pelaksanaannya akan diumumkan, sehingga diketahui oleh semua warga. Ayo ke Posyandu!


1 komentar:

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages