Home » , » Wabup Lumajang Buka Acara Perkemahan Pramuka Madrasah Se-Kabupaten Lumajang

Wabup Lumajang Buka Acara Perkemahan Pramuka Madrasah Se-Kabupaten Lumajang

Minggu pagi (16/06/2013) bertempat di Halaman Pemandian Alam Selokambang, Kabupaten Lumajang, Acara Perkemahan Pramuka Madrasah Se-Kabupaten Lumajang yang di prakarsai oleh Departemen Agama Kabupaten Lumajang, secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik M.Ag. Dalam sambutannya Drs. H. As’at Malik M.Ag menyampaikan bahwa, kegiatan ini akan sangat mempunyai efek yang luar bisa bagi perkembangan dan pembinaan karakter pemuda penerus bangsa. Karena sebagai kegiatan di luar ekstrakulikuler Pramuka bisa dijadikan perekat kesatuan dan kebersamaan para pemuda/ pemudi Indonesia, di mana saat sekarang ini sudah mulai terkikis nilai-nilai moral dan kebersamaannya. Ini bisa kita lihat dengan banyaknya terjadi tawuran antar pelajar, perkelahian antar kampung yang terjadi hanya karena persoalan sepele saja, sambung Drs. H. As’at Malik M.Ag.





Drs. H. As’at Malik M.Ag mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan seperti inilah yang sangat kita butuhkan pada saat sekarang ini, sebagai upaya pemerintah untuk melakukan pembinaan sekaligus upaya penyaringan dini dari arus globalisasi yang cendrung telah masuk dan mempengaruhi para pemuda/pemudi indonesia.  Muara dari kegiatan ini adalah timbulnya sebuah karakter pemuda yang kuat, gigih, inovatif, kreatif dalam membangun daerah dan bangsa kedepannya.



Lebih lanjut Drs. H. As’at Malik M.Ag menyampaikan bahwa Pramuka merupakan gerakan kepanduan yang diakui di Indonesia berfungsi sebagai lembaga pendidikan non-formal, maka kepramukaan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pendidikan dalam menyiapkan anak bangsa menjadi kader bangsa yang berkualitas. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Lumajang sangat memberikan apresiasi kepada Departemen Agama yang telah memprakarsai acara kepramukaan ini.


Hari ini Kemenag Sumbar mengukir sejarah, karena kegiatan perkemahan ini adalah perkemahan pramuka Madrasah terbesar dan terlengkap sepanjang sejarah Departemen Agama. Kegiatan ini juga melibatkan peserta didik mulai dari jenjang MI dan MTS dari 21 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Lumajang dengan jumlah sekitar 1.000 siswa-siswi.



Diharapkan dari kegiatan ini siswa/siswi madrasah juga bisa bersinergi satu sama lain dalam mencipktakan suasana dan atmosfir yang kondusif dan produktif demi peningkatan dan pembentukan karakter bangsa. Pada kesempatan tersebut Wabup Lumajang, Drs. H. As’at Malik M.Ag juga melakukan beberapa kegiatan bersama dengan anak-anak pramuka diantaranya Ceramah Kepekaan Sosial, Pemberian Santunan dan Kerja Bhakti Masyarakat di Desa Pertahunan dan Desa Purwosono yang kebetulan berada di tempat Bumi perkemahan Pramuka tersebut.

Penulis : Muhammad Khoirul Anam
Editor   : Muhammad Khoirul Anam
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger