Manfaat Mentimun untuk Kesehatan - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Selasa, 18 Juni 2013

Manfaat Mentimun untuk Kesehatan

MENTIMUN atau yang sering dikenal dengan timun ini merupakan salah satu sayuran dari keluarga labu. Sayuran yang memiliki nama latin cucumis sativa ini dapat hidup di dataran rendah maupun di daerah dataran tinggi.


Timun memiliki kandungan air cukup banyak sehingga sangat segar bila diamakan secara langsung. Nah, karena rasanya yang segar inilah mentimun biasa dijadikan lalapan maupun digunakan sebagai acar. 

Ternyata dibalik kesegaran timun, banyak lho manfaatnya untuk kesehatan hingga kecantikan. Berikut manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh :
1. Mengurangi nyeri ketika sakit kepala
Makan beberapa iris mentimun sebelum tidur untuk meredakan sakit kepala. Mentimun mengandung gula alami, vitamin gula B dan elektrolit untuk menambah nutrisi penting dan mengurangi intensitas sakit kepala.
2. Perawatan kulit
Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.
3. Fungsi pencernaan
Masalah pencernaan, seperti mag, gastritis keasaman, dan bahkan tukak, dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jus mentimun segar setiap hari. Kandungan serat makanan dalam mentimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga meningkatkan proses pencernaan. Bahkan, mengonsumsi mentimun setiap hari dinilai sangat ampuh sebagai obat sembelit.
4. Kesehatan sendi
 Dalam mentimun terkandung silika yang dapat mempromosikan kesehatan sendi Anda dengan memperkuat jaringan ikat.
5. Membantu menurunkan berat badan
Karena kalori yang rendah dan kandungan air yang tinggi, mentimun adalah makanan yang ideal untuk orang yang menjalani program penurunan berat badan.
6. Mengobati diabetes dan mengurangi kolesterol
Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin dan sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Para peneliti menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol di dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.
7. Meredakan sakit sariawan
Timun ternyata bermanfaat untuk meredakan sariawan. Dengan memakannya setiap hari dalam jumlah cukup banyak, buah yang memberi rasa dingin di rongga mulut ini mampu meredam "panas" sariawan.
8. Memperlancar air seni dan menurunkan darah tinggi
Jus timun merupakan salah satu obat terbaik melancarkan air seni dan juga menurunkan darah tinggi. Selain itu jenis sayuran ini enak dimakan mentah serta menyehatkan.
Nah.. ternyata sayur mentimun juga mempunyai khasiat untuk kesehatan yang baik untuk mengatasi keluhan yang di derita seperti yang saya sebutkan di atas..

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat/2013/02/21/927/Niiih...-Manfaat-Mentimun-untuk-Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages