Home » » 16 Ogoh-Ogoh Meriahkan Hari Raya Nyepi Di Senduro

16 Ogoh-Ogoh Meriahkan Hari Raya Nyepi Di Senduro


kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.com, Peringatan Hari Raya Nyepi yang dipusatkan di Pura Mandira Giri Semeru Agung Senduro Lumajang mendapatkan perhatian serius dari masyarakat setempat. Baik mereka yang bergama Hindu, maupun masyarakat umum yang berasal dari Senduro maupun dari daerah lainnya di Lumajang yang ingi menyaksikan ogoh-ogoh. Sebanyak 16 ogoh-ogoh yang sudah disiapkan oleh ummat Hindu di Senduro diarah dari Pura Mandara Giri Semeru Agung menuju Ireng- ireng, malam ini Senin (11/3). "Ogoh-ogoh ini lambang angkara murka dan hawa nafsu.
Melalui perayaan Hari Raya Nyepi ini, sengaja  ditampilkan ogoh-ogoh dengan rupa yang semacam itu, untuk menggambarkan keangkarmurakaan. Kita akan menghancurkan semua ini sebagai wujud perlawanan kita terhadap keangkara murkaan," kata M. Kasmadi, Pemangku di Pura Mandara Giri Semeru Agung Senduro Lumajang. Ogoh-ogoh yang ditampilkan dalam bentuk raksasa dan bertampang seram ini, diyakini ummat Hindu sebagai bentuk keangkaramurkaan yang harus disingkirkan dalam kehidupan manusia.
Dalam sifat manusia ada dua sifat, yakni sifat- sifat yang baik dan sifat-sifat yang dipengaruhi oleh hawa nafsu. Maka ketika seseorang gagal mengalahkan hawa nafsunya, yang akan muncul kemuka bumi adalah bala dan kerusakan. Upacara menjelang hari raya Nyepi ini diharapkan bisa megingatkan seluruh pemeluk agama hindu untuk terus memperbaiki diri dan mengutamakan kebaikan dalam bertindak, sesuai dengan ajaran agama hindu. “ Acara arak-arakan ogoh-ogoh ini dimulai 19.30 diikuti oleh ummat Hindu di Senduro dan masyarakat lainnya yang ingin menyaksikan prosesi ini”. Ujar Mohammad Zainuri ( Photographer dari senduro ).
Sementara aparat keamanan disiagakan dalam jumlah yang sangat besar untuk melakukan pengamanan terhadap besarnya minat masyarakat yang ingin menyaksikan arak-arakan ogoh- ogoh ini.
Wakapolres Lumajang Kompol Andy Arisandi mengatakan, dalam rangka pengamanan acara ini, Polres Lumajang menurunkan 150 personilnya. Jumlah ini tidak termasuk bantuan keamanan dari Satpol PP, Kodim 0821 Lumajang, dan Yonif 527 Lumajang. "Alhamdulillah walaupun yang menyaksikan acara ini mencapai ribuan seperti ini, seluruh acara berlangsung dengan tertib dan tidak ada gangguan apapun," kata Wakapolres Lumajang kepada media ini.

Penulis : Muhammad Khoirul Anam
Editor  : Muhammad Khoirul Anam

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger