Home » » Bude Karwo Puji Prestasi PKK Lumajang Dalam Pencapaian Target MDG’s

Bude Karwo Puji Prestasi PKK Lumajang Dalam Pencapaian Target MDG’s


Ketua Tim Penggerak PKK Jatim, Dra. Hj. Nina Soekarwo, M.Si memuji prestasi PKK Kabupaten Lumajang yang berhasil mencapai target Millenium Development Goals (MDG's). Yaitu dalam menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI).

"Alhamdulillah, berkat peran PKK, AKI di Lumajang hanya 46 per 100.000 kelahiran hidup. Jauh lebih rendah dari nasional yang mencapai 228 per 100.000 kelahiran hidup. Ini prestasi yang luar biasa" puji Bude Karwo, sapaan lekatnya saat melantik Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Lumajang, Dra. Hj. Supadmi Sjahrazal Masdar,APt di Gedung PKK Lumajang, Senin (26/8).

Berdasarkan data, AKI di Lumajang terus menurun dari tahun ke tahun. Pada 2011, jumlah AKI di Lumajang mencapai 61,15 per 100.000 kelahiran hidup. Kemudian pada 2012 turun menjadi 48,56 per 100.000 kelahiran hidup. “Ini artinya program PKK Lumajang menunjukkan progress yang membanggakan. Mari kita bersama-sama berjuang untuk meningkatkan prestasi ini” tuturnya.

Salah satu upaya yang dapat dioptimalkan adalah menggandeng berbagai pihak untuk ikut dalam kegiatan PKK. Baik organisasi sosial, BUMN, maupun corporate sosial responsibility (CSR) perusahaan swasta. “Dana PKK baik dari APBN maupun APBD jumlahnya terbatas, sehingga kita perlu menggandeng pihak lain untuk memaksimalkan program PKK” tambahnya.

Bude Karwo tak memungkiri, terkadang PKK mengalami kendala dalam mengajak kerja sama berbagai pihak tersebut. Hal ini karena program PKK yang diajukan belum jelas, sehingga mereka tidak mau bergabung. “Jadi program yang disusun PKK harus jelas dan sejalan dengan program pemerintah. InsyaAllah pihak lain mau bergabung dan ikut menyukseskan program kita” katanya.

Mengenai Dekranasda di Kabupaten Lumajang, Bude Karwo siap mendukung kerja sama dalam penyelenggaraan pameran dan fasilitas pelatihan. Ini karena Lumajang memiliki potensi yang cukup besar di bidang UMKM. Khususnya kerajinan perak, bordir, sulam, garmen, enceng gondok dan kerajinan lainnya.

“Pemprov siap memfasilitasi jika Dekranasda Lumajang ingin mengadakan pelatihan dan memamerkan produk kerajinannya. Tak hanya itu, Pemprov bekerja sama dengan Bank Jatim dan Bank BPR Jatim juga siap memberikan bantuan modal kepada Dekranasda dan masyarakat Lumajang yang ingin berwirausaha” tutupnya. (Humas Setda Kab. Lumajang)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger