Home » » KIM Sinar Harapan Terima Reward Penggerak Donor Darah

KIM Sinar Harapan Terima Reward Penggerak Donor Darah


Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sinar Harapan menerima reward dari UDD. PMI Kabupaten Lumajang, Minggu (13/7/2014). Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ini merupakan satu-satunya kelompok di bidang informasi binaan Bagian Humas Setda Kabupaten Lumajang yang berhasil menggerakkan dan mengerahkan masyarakat untuk mendonorkan darah.

Tahun 2007 lalu melalui kegiatan donor darah yang bertajuk “Sadar Donor Darah (SANORAH)” in menjadi program bhakti sosial dari KIM sebagai bentuk pengabdian kita secara langsung terhadap masyrakat. KIM Sinar Harapan berhasil mengerahkan banyak pedonor, untuk menjadi pendonor sukarelawan secara rutin. Dan sekaligus memasukkan KIM Sinar Harapan pada daftar 10 Komunitas Kelompok Penggerak Donor Darah Sukarela Terbaik dari tahun 2007 hingga saat ini.

Tentunya dalam perolehan reward ini KIM tidak sendirian, akan tetapi karena KIM bersinergi dengan beberapa organisasi yang sejalan dengan KIM diantaranya Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) Kab. Lumajang, Paguyuban Penyandang Cacat Kab. Lumajang, Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FK-PSM) Kec. Tekung dan Karang Taruna Setya Bhakti Desa Tukum. Yang mana disetiap kegiatan yang masing-masing diselenggarakan, kegiatan Sadar Donor Darah (SANORAH) juga ikut di gelar.

Reward diserahkan langsung oleh Budi Santoso selaku Ketua PMI Kabupaten Lumajang di rumah makan pondok asri, bertepatan dengan acara Sarasehan dan Buka Bersama Penggerrak Donor Darah se-Kabupaten Lumajang.

Budi Santoso mengatakan pemberian reward ini untuk menunjukkan kepedulian kepada KIM yang dengan kerelaan dan keikhlasan telah melakukan sesuatu tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. “Yang lebih-lebih kami hargai mereka akan selalu memikirkan, wah ini juga sebagai tanggung jawab pribadi kepada Tuhannya masing-masing, merupakan pekerjaan pahala,” kata Budi.

Menurut Budi, kelompok/ komunitas di bidang informasi sangat efektif untuk menggerakkan masyarakat. Terlebih lagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang menjadi binaan Bagian Humas Setda Kabupaten Lumajang bisa di fasilitasi oleh Radio Suara Lumajang FM milik Pemerintah. Selain membutuhkan informasi, melalui radio, masyarakat terkadang meminta pertolongan, jika stok darah di UDD. PMI habis. Dan selama ini, KIM Sinar Harapan dinilai Budi sangat membantu UDD. PMI dalam menggerakkan kepedulian masyarakat.

Ke depan, Budi mengharapkan akan ada wawancara atau temu wicara, antara Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dengan frontliners UDD. PMI, seperti Korps Sukarela (KSR), Palang Merah Remaja (PMR) dan mereka yang langsung berkecimpung dalam kegiatan kemanusiaan.

Bagi KIM Sinar Harapan, reward ini sebagai perwujudan visi dan misi KIM Sinar Harapan, untuk melakukan pengabdian secara langsung kepada masyarakat berupa kegiatan bhakti sosial “SANORAH”.

“Jadi, bukan hanya persoalan-persoalan produksi informasinya saja tapi bagaimana dia bisa menjadi mediator,” ujar Saiful selaku Ketua KIM Sinar Harapan.

Media Informasi, tambah Saiful bisa juga menjadi penghubung antar institusi dengan masyarakat, sehingga kegiatan semacam donor darah ini bisa menjadi tanggung jawab sosial KIM Sinar Harapan sebagai kelompok/ komunitas di bidang informasi yang sejak dari awal bersinergi dengan organisasi diatas untuk melakukan suatu kegiatan yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Saiful juga berharap KIM Sinar Harapan semakin konsisten melakukan aktivitas sosial dan nantinya akan terus memberi dukungan dan perhatian kepada masyarakat. (anam/ kim-infopublik lmj)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger