Home » » Jelang Ramadhan, PPCI dan KIM Perhatikan Kesehatan Masyarakat Lumajang

Jelang Ramadhan, PPCI dan KIM Perhatikan Kesehatan Masyarakat Lumajang


Menjelang bulan Ramadhan 1435 H, Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) Kab. Lumajang dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sinar Harapan menggelar kegiatan bhakti sosial berupa Pemeriksaan/ Screening Mata, Pijat, dan Sanorah (Sadar Donor Darah) secara gratis. Yang mana dalam kegiatan Bhakti Sosial ini kita bekerjasama dengan Lions Club koordinator Prov. Jatim, tim medis dari Klinik Tritya Surabaya, UDD. PMI kab. Lumajang dan Saudara kita penyandang cacat yang punya keahlian khusus memijat.

Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin setiap 3 bulan sekali dari Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) Kab. Lumajang dan KIM Sinar Harapan, dimana kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian dan kepedulian kami terhadap kesehatan masyarakat Kabupaten Lumajang. Kegiatan ini juga di dukung oleh Paguyuban Penyandang Cacat Kab. Lumajang, FKPSM (Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat) Kec. Tekung, dan Karang Taruna Setya Bhakti Desa Tukum. Kegiatan bhakti sosial ini diselenggarakan selama 2 hari, yakni pada Sabtu (28/6/2014) di Balai Desa Munder Kec. Yosowilangun Kab. Lumajang dan pada Minggu (29/06/2014) di MTS Negeri Lumajang.

Kegiatan tersebut dibuka dan diawali oleh penyampaian beberapa tips dan cara menjaga dan merawat kesehatan mata, yang disampaikan oleh dr. Armanto selaku tenaga medis spesialis mata dari Klinik Tritya Surabaya. Dikarenakan Mata sebagai indera penglihat tentunya sangat berperan penting dalam menjalankan aktivitas untuk melihat benda-benda disekeliling kita dengan jelas.

Kegiatan diikuti kurang lebih 155 pasien dari usia anak-anak sampai dewasa. Dari 104 pasien yang terdata, ada 49 pasien yang terdeteksi mata katarak dan pasien mata daging tumbuh. Pengobatan melibatkan 1 dokter ahli mata dan 14 relawan dari Klinik Mata Tritya Surabaya. Tak hanya pemeriksaan medis, apabila hasil diagnosa menyebutkan kondisi penglihatan pasien bermasalah, PPCI Kab. Lumajang bisa merujuknya untuk melakukan tindakan operasi bersubsidi ke Klinik Tritya Surabaya. Dan bagi pasien yang mengalami keluhan gangguan penglihatan dalam membaca, pihaK Lions Club Prov. Jatim memberikan kacamata mata bersubsidi bagi pasien sesuai resep dokter yang memeriksa.

"Kegiatan ini diselenggarakan untuk membantu Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam menangani keluhan kesehatan khususnya pada mata", pungkas ali muslimin selaku Ketua PPCI Kab. Lumajang

Untuk Kegiatan SANORAH (Sadar Donor Darah), UDD PMI Lumajang mendapatkan 15 Kantong darah, dan 6 orang calon pendonor di nyatakan gagal, karna tidak lolos persyaratan donor. "digelarnya SANORAH jelang puasa ini, diharapkan hasil darah yang berhasil diperoleh bisa membantu mencukupi persediaan darah selama bulan puasa ini, dikarenakan menurunnya jumlah pendonor di saat puasa". Ujar Saiful selaku ketua KIM Sinar Harapan.

Kami berharap untuk kedepannya kegiatan ini akan bisa di adakan di Kabupaten Lumajang, dan untuk  membantu masyarakat Kabupaten Lumajang mengatasi keluhan kesehatan mata yang di derita. (anam/ kim-infopublik lmj)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger