Home » » Selamatkan Sumber Mata Air, di Hari Bumi

Selamatkan Sumber Mata Air, di Hari Bumi


Hari Bumi (Earth Day) yang jatuh pada 22 April hendaknya dijadikan momentum untuk terus menghidupkan semangat untuk merawat planet tempat kita hidup ini. Sebab, bumi kita semakin tua, semakin berat bebannya, dan semakin besar kerusakannya. Karena itu, peringatan Hari Bumi yang dilaksanakan kemarin di berbagai wilayah Indonesia dan dunia, mesti kita sambut positif.

Peringatan itu dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang melakukan aksi unjuk rasa memprotes berbagai kerusakan alam. Ada yang melakukan aksi simpatik dengan bagi-bagi bunga dan bibit pohon. Ada yang menanam pohon dan aksi cinta lingkungan lainnya. Berbagai aksi untuk memeringati Hari Bumi itu berangkat dari keprihatinan terhadap kerusakan lingkungan di bumi kita, serta keinginan untuk menghentikan berbagai kerusakan dan memperbaikinya.

Kali ini Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kunir Mas bersama dengan siswa-siswi SMK Miftahul Islam di dampingi oleh masyarakat setempat menggelar sebuah kegiatan yang bertajuk “Ini Pohonku, untuk hutankan Lumajang”. Bertempat di SMK Miftahul Islam Jl. Veteran Dusun Bentengrejo Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Selasa (22/4).

Kegiatan ini dimulai pada pukul 06.30 WIB, yang dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Bagian Humas Setda Kabupaten Lumajang, Muspika Kecamatan Kunir. Dimana saat berlangsungnya kegiatan ini, terlebih dahulu banyak pesan yang akan di sampaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang ini kepada siswa-siswi terkait dengan pentingnya peringatan Hari Bumi.

Kadin Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Ir. Nurul Huda menuturkan melestarikan lingkungan dengan cara menanam pohon itu sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia ataupun makhluk hidup yang lainnya. Dengan menanam pohon kita bisa menyelamatkan sumber mata air yang semakin lama semakin mengecil akibat penebangan pohon tanpa di lakukan reboisasi kembali. Karena air merupakan sumber kehidupan yang paling penting.

Dilanjutkan dengan penanaman symbolis oleh Kadin Lingkungan Hidup, Muspika Kecamatan Kunir, Kepala SMK Miftahul Islam, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kunir Mas dan masyarakat. Pohon yang ditanam berupa jenis mahoni, mangga, nangka, bendo dan lainnya. "Jumlahnya sebanyak 200 batang,", yang mana bibit pohon ini di kumpulkan oleh siswa-siwi SMK Miftahul Islam  dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kunir Mas.


Penanaman selanjutnya dilakukan di sepanjang tepi jalan menuju Sumber Mata Air Dusun Karang Sukup Desa Kunir Kidul. Antusias masyarakat dan siswa-siswi ini sangat baik, karena dengan menanam pohon ini bisa menyelamatkan sumber mata air untuk anak cucu nya di masa mendatang. (anam/ kim-olmj)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger