Home » » Tabur Bunga di Makam Biting

Tabur Bunga di Makam Biting


Sabtu (14/12/2013) Bupati Lumajang Sjahrazad Masdar dan sejumlah pejabat SKPD melakukan ziarah di makam Biting. Kegiatan ini, merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Jadi Lumajang (Harjalu) yang ke 758. Dikatakan oleh Bpk. Sjahrazad Masdar dalam sambutanya, bahwa di makam Biting yang sekarang lebih dikenal dengan situs Biting, bersemayam seorang tokoh yang bernama Arya Wiraraja atau Narariya Kirana.

Tokoh ini yang diakui oleh Bpk. Sjahrazad dan dipercaya oleh sejumlah aktifis Situs Biting sebagai tokoh pendiri Kabupaten Lumajang. Terilhami dari peringatan HUT RI, dimana sehari sebelum peringatan itu berlangsung, selalu diadakan ziarah ke makam para pahlawan, akhirnya sejak peringatan Harjalu ke 757 (tahun kemarin) 

Bupati Lumajang, Bpk. Sjahrazad Masdar mencanangkan kegiatan Ziarah Makam Biting menjadi agenda rutin tahunan yang dilakukan sehari sebelum acara prosesi peringatan Harjalu yang jatuh pada tanggal 15 Desember. "Layaknya ketika kita memperingati HUT RI, sehari sebelumnya diadakan ziarah ke makam pahlawan, hal serupa juga akan diterapkan pada peringatan Harjalu," terangnya.

Acara tabur bunga Bupati bersama rombongan ke sejumlah makam yang salah satunya dipercaya sebagai makan Adipati Narariya Kirana, sebagai Adipati pertama di Lumajang pun menyusul kegiatan do’a bersama di pemakaman tersebut. Tak lepas dari perhatian Bupati, dua orang penjaga Makam Biting pun mendapat santunan atas kesetiaannya dalam menjaga dan merawat makam tokoh pendiri Kabupaten Lumajang.
Usai prosesi ziarah makam Biting, Sjahrazad menghapiri ratusan siswa sekolah dasar yang sudah berbaris rapi menyambut kepulangannya bersama segenap rombongan. Ratusan siswa sekolah dasar itupun larut dalam suasana sukacita dan bersalam-salaman dengan Bupati dan rombongannya.(anam/kim-olmj)

Foto by : humas-lmj
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger