Home » » TK. Jendral Sudirman Lumajang Studi Banding ke Ternak Susu Sapi

TK. Jendral Sudirman Lumajang Studi Banding ke Ternak Susu Sapi


Aula KUD. Tani Makmur
TK. Jendral Sudirman adalah salah satu Sekolah Taman Kanak-kanak yang ada di wilayah Lumajang.. Sebagaimana program pembelajaran bagi anak didiknya, dewan guru dari Tk. Jendral Sudirman berencana mengajak anak didiknya untuk melakukan studi banding ke salah satu peternak sapi susu yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang, yaitu Ternak Susu yang terdapat di Desa Kandang Tepus Kec. Senduro.

KUD. TANI MAKMUR
Studi banding pada kali ini dilaksanakan hari Sabtu, 23 Nopember 2013. Lokasi yang dituju adalah pengusaha ternak sapi perah di Desa Kandang Tepus Kecamatan Senduro Kab. Lumajang, Jawa Timur. Perjalanan yang cukup menyenangkan dan memerlukan waktu 30 menit dari pusat kota alun-alun Lumajang, mengharuskan semua anak didik mempersiapkan perlengkapan diri lebih awal sebelum kunjungan, diantaranya harus mempersiapkan masker (penutup hidung) karna mereka akan di hadapkan langsung dengan sapi-sapi perah.


Dewan Guru dan para siswa langsung menuju ke Aula Kantor KUD. TANI MAKMUR Kecamatan Senduro. Masih cukup pagi, yaitu pukul 08.00 WIB Hari Selasa. Rombongan disambut oleh koordinator penyuluh KUD. TANI MAKMUR Senduro, Bapak Anton. Beliau menceritakan profil wilayah binaan di kecamatan Senduro, potensi produk peternakan, dan lain-lain, hingga cerita tentang pengiriman hasil susu ke perusahaan Nestle. Lokasi Kecamatan Senduro yang kunjungi cukup tinggi. Daerah pegunungan yang dominan dengan tanaman perkebunan. Di kanan kiri jalan yang selalu menanjak, tampak pohon pisang di hampir semua pekarangan warga. Hampir tidak ada lahan kosong. Beberapa ada yang ditumpangsarikan dengan kopi, sehingga membuat siswa-siswi ini merasa senang dengan menyanyi lagu “Naik-naik kepuncak Gunung”.
Di Tempat Ternak sapi
Perjalanan dilanjutkan hingga sampai di rumah kerabat Bapak H. Ali, salah satu pengusaha ternak sapi perah yang sukses di daerah Senduro. Siswa-siswi langsung di arahkan langsung untuk masuk untuk melihat sapi-sapi perah yang begitu banyak, dan disini siswa-siswi juga bisa langsung melihat sapi-sapi perah ini.
Banyak hal disampaikan Pak anton, mulai dari budidaya ternak sapinya, pemeliharaan, pengelolaan kandang dan pakan, penampungan hasil, penyimpanan, serta pemasaran susu ke beberapa daerah dan tentu saja cara pengolahan susu hingga dapat dikonsumsi dan bahkan pengolahan limba dari ternak sapi perah ini yang di olah menjadi biogas. Mengenai ternak sapi perah ini, beliau menjelaskan tentang susu sapi para peternak yang ada di Senduro yang ditampung oleh KUD. TANI MAKMUR, untuk di kirimkan ke perusahaan Nestle. Setelah mendapat banyak informasi dan terjun langsung ke kandang sapi perah, maka rombongan berpamitan dan menuju ke Aula Kantor KUD. TANI MAKMUR untuk makan siang. TK. Jendral Sudirman meninggalkan KUD. TANI MAKMUR Senduro setelah selesai sholat dzuhur.

Makan Siang setelah studi banding
Nah.. bagi sekolah-sekolah ataupun masyarakat yang ingin melakukan studi banding silahkan..!! apabila bisa menggunakan jasa kami sebagai pemandunya.. bisa hubungi kontak person kami... terima kasih...(anam)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger