Home » » Hutan Bambu

Hutan Bambu



Satu-satunya wana wisata yang dikelola oleh masyarakat Lumajang. Objek wisata Hutan Bambu terletak di lereng gunung Semeru sebelah timur. Selain menawarkan kawasan konservasi alam tanaman bambu dengan beragam jenis, objek wisata ini juga dilengkapi dengan kolam anak dan dewasa. Air kolam tersebut berasal dari sumber akar-akar bambu di kawasan tersebut. Biasanya pada bulan Suro diadakan ritual sebagai bentuk syukur atas keberkahan bagi masyarakat sekitar.

Keunikan lain di Hutan Bambu adalah istana kera dan kalong (kelelawar besar) yang menghuni bambu-bambu di kawasan tersebut. Jumlah fauna keduanya banyak sekali sehingga sangat mengesankan bagi siapa saja yang berkunjung ke sana. Selain itu juga ada ikan-ikan yang dilepas bebas di kolam sumber. Ikan tersebut dipercaya sebagai penunggu kawasan tersebut.

Di objek wisata ini juga terdapat gazebo, musholla dan warung lesehan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Biasanya pada musim tertentu, objek wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun domestik, bahkan turis manca juga biasanya terlihat di sana.

Objek wisata ini juga telah menorehkan prestasi di bidang pelestarian lingkungan. Sebut saja penghargaan Kalpataru, Metro TV Zero –Hero, Mutiara Bangsa dan beragam penghargaan lainnya. Tentunya pula dengan diperoleh penghargaan tersebut, masyarakat secara umum lebih peduli dalam melestarikan alam di sekitarnya.




Lokasi: Lumajang bagian Barat, desa Sumbermujur, kec. Candipuro
Sumber : Singgah Lumajang
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger