Home » » Situs Biting

Situs Biting


Ternyata Lumajang menyimpan sejarah tinggi dan berkontribusi besar bagi Indonesia. Sebagai buktinya, Situs Biting menjadi jejak rekam sejarah berdirinya Lumajang. Situs tersebut menyimpan berbagai bukti sejarah berupa bangunan kuno yang bercirikhaskan kerajaan. Salah satu yang masih terlihat jelas adalah benteng pertahanan seluas 10 km, setinggi 10 meter dan setebal 6 meter.

Benteng tersebut masih ada hingga saat ini dan menjadi cikal bakal berdirinya Lumajang. Keunikan situs tersebut adalah diyakini sebagai Benteng Terbesar dan Tertua di Nusantara. Karena benteng tersebut sebagai bukti bahwa Lumajang merupakan sejarah Indonesia yang membanggakan. Bukan tanpa sebab, karena Negara Lamajang, begitu dahulu orang menyebutnya, berkontribusi terhadap pembentukan kerajaan Majapahit.

Tanda-tanda kebesaran Negara Lamajang juga ditunjukkan dengan petilasan Menak Koncar yakni salah seorang penguasa legendaris di Lumajang. Bahkan Lumajang sering disebut sebagai Majapahit Timur pada tahun 1300-an yang mempunyai wilayah kekuasaan yakni Lamajang, Blambangan, Panarukan, Sumenep dan Bali.

Negara Lamajang sendiri didirikan oleh seorang arsitek jenius di Nusantara saat itu yakni Arya Wiraraja. Beliau berjasa besar bersama Raden Wijaya dalam pendirian kerajaan Majapahit. Jadi, kalau kita mengunjungi wisata sejarah yang satu ini, maka kita akan dibawa ke masa lalu tentang kebesaran Negara Lamajang.

Lokasi: Lumajang bagian Utara, desa Kutorenon, kec. Sukodono
Sumber : Singgah Lumajang 
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger