Kegiatan SANORAH (Sadar Donor Darah) Oleh Karang Taruna Desa Tukum

Sebanyak 27 kantong darah segar disumbangkan oleh beberapa warga di wilayah Kecamatan Tekung dalam aksi donor darah yang dilaksanakan, Minggu (23/6/2013) di Balai Desa Tukum. Aksi SANORAH (Sadar Donor Darah) yang dilaksanakan secara rutin oleh Karang Taruna Setya Bhakti Desa Tukum. Di ikuti oleh 32 warga Kecamatan Tekung, dan didampingi Personal dari Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Cabang Ibu Kartika menjelaskan, aksi donor darah merupakan bentuk kepedulian serta rasa kebersamaan dari Pemuda Karang Taruna Setya Bhakti Desa Tukum dengan masyarakat yang membutuhkan bantuan darah.


Kegiatan ini merupakan aksi rutin yang dilakukan setiap 3 bulan sekali, dan diharapkan menjadi gaya hidup masyarakat yang peduli dengan sesame. “Sumbangan dari warga ini akan kita salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Ini akan sangat membantu pengadaan darah segar dan sehat, kepada pasien yang membutuhkan di rumah sakit yang ada di Kabupaten Lumajang,” kata Ibu Kartika.


Dijelaskan Karang Taruna Setya Bhakti, Bpk. Saiful, aksi donor darah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Karang Taruna Setya Bhakti Desa Tukum Kec. Tekung Kab. Lumajang. Kegiatan ini diharapkan menjadi contoh bagi institusi yang ada, baik pemerintah maupun swasta yang ada di Kabupaten Lumajang.


“Kami mengapresiasi pihak menjadikan donor darah sebagai kegiatan rutin, untuk memperingati hari-hari besar. Kita masih sering kekurangan stok darah, sementara kebutuhan dari hari-kehari semakin meningkat,” kata Bpk Saiful.
Ditambahkan Ibu Kartika, pihaknya siap mendatangi pihak pendonor yang berkelompok langsung ke lokasi yang diminta pendonor. Pihaknya juga setiap saat, siap melayani calon pendonor yang datang ke kantor PMI Cabang Kabupaten Lumajang.
“ SETETES DARAH KITA, SELAMATKAN SEJUTA JIWA “

Penulis : Muhammad Khoirul Anam
Editor   : Muhammad Khoirul Anam

0 comments: