Home » , » Kegiatan Operasi Bersih Gunung Lemongan 2013

Kegiatan Operasi Bersih Gunung Lemongan 2013

Gunung Lemongan adalah Gunung dengan ketinggian 1.671 mdpl termasuk dalam salah satu dari 21 gunung berapi di Indonesia dalam kelas A, yakni gunung yang paling tidak mengalami tingkat erupsi atau letusan magnetik satu kali sejak tahun 1600. Dan tercatat gunung ini pernah meletus pada tahun 1799. Bahkan sampai tahun 1898 gunung Lemongan pernah mencatatkan rekor meletus terbanyak se Indonesia! Dan dari tahun 1900, gunung ini sudah tidak meletus lagi, sehingga rekor meletusnya di rebut oleh Gunung Semeru.

Gunung Lemongan terletak diantara dua kompleks gunung api raksasa, yaitu kompleks Gunung Tengger di sebelah barat dan Gunung Iyang di sebelah timur. Gunung Lemongan juga sebagai sarana pendakian dan pariwisata  sering dikunjungi oleh wisatawan, diantaranya kegiatan wisata pendakian. Di sisi lain Gunung Lemongan masih menghadapi kendala yang disebabkan dampak dari kegiatan pendakian tersebut seperti pencemaran sampah.



Berbagai upaya telah dilakukan oleh  Pengelola Gunung Lemongan diantaranya adalah :
  • Penetapan Petunjuk Teknis Pendakian Gunung Lemongan,
  • Penetapan kuota,
  • Pemberlakuan Chek Packing : larangan membawa bahan B3,
  • Penyuluhan (saat pengurusan SIMAKSI dan chek packing),
  • Pengisian Form Barang Bawaan / sampah,
  • Pengisian kuisioner (mengetes pengetahuan pendaki),
  • Aksi bersih/ opsih (mandiri, kerjasama Gunung Lemongan),
  • Booking Online,
  • Sistem WAJIB pendampingan / Guiding,
  • Pengelolaan sampah : lubang berpindah, pemilahan sampah (3 R), pernyataan sampah dibawa turun kembali, papan informasi/larangan.
  • Upaya masalah lingkungan : Kajian identifikasi aspek lingkungan.
Namun saat ini hasilnya masih dirasakan belum optimal, hal ini terlihat masih adanya sampah yang berserakan di kawasan Gunung Lemongan yang disebabkan oleh rendahnya kesadaran pendaki terhadap kebersihan lingkungan. 


Berdasarkan hal tersebut diatas,  pada tanggal  22-23 Juni 2013 Komunitas Pencinta Alam Mengadakan Operasi Bersih Gunung Lemongan, Kegiatan Operasi Bersih ini di pelopori oleh VABFAS Adventure Tim Lumajang. Dan di ikuti oleh + 70 orang dari berbagai komunitas pencinta alam dan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat), diantaranya (GARIS BEBAS (jember), PWG, HIPALAPA (SMAN PASIRIAN), MAPASHIE (STIT MUHAMADIYAH LMJG),OI Lumajang FOREST EXPEDITION, SASKAPALA (SMAN KLAKAH), PAIN ADVENTURE, GASPALU, GEPALA, PALAGA (SMAN 3 LMJG), SHERPA (SEMARANG), PALASKA (STM KLAKAH), FREE LANCE, PAS (SENDURO) dan KIM SINAR HARAPAN, ).



Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk kampanye lingkungan untuk memberikan keteladanan kepada pengunjung agar selalu menjaga kawasan Gunung Lemongan dari pencemaran sampah, sedangkan tujunannya untuk meminimalisir penumpukan sampah yang terdapat di kawasan Gunung Lemongan sebagai dampak dari kegiatan pengunjung.


Dari hasil kegiatan ini berhasil diturunkan sampah sekitar 6 karung dari jalur pendakian Gunung Lemongan.
Semoga kegiatan operasi bersih sampah ini dapat meminimalisir sampah di kawasan Gunung Lemongan, sehingga harapannya dapat meningkatkan kenyamanan dan pelayanan pengunjung khususnya kegiatan pendakian.
Saran dan masukan untuk para pendaki bahwa kelestarian dan kebersihan kawasan Gunung Lemongan merupakan tanggung jawab kita bersama, ayoo kita jaga kebersihan kawasan dengan tidak membuang sampah, terutama sampah plastik di dalam kawasan, dan bawalah  sampah kembali ke luar kawasan terima kasih”.
“ SALAM  LESTARI “
Foto By : Setyoko & Nuriz
Penulis : Setyoko & Nuriz
Editor  : Muhammad Khoirul Anam


Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger