Home » » Sosialisasi PMKS di Kabupaten Lumajang

Sosialisasi PMKS di Kabupaten Lumajang

‘’ Acara Kegiatan Sosialisasi Gerakan Peduli Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) ini di laksanakan pada, Rabu (26/06/2013) pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini di pelopori oleh Kantor Sosial Kabupten Lumajang, dan di hadiri kurang lebih 226 orang yang terdiri dari Kasih Pemberdayaan Masyarakat, Kaur Kesra Desa, PSM (Pekerja Sosial Masyarakat), TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan dan Karang Taruna yang ada di tiap-tiap Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang.


Menurut Solikhati, kesejahteraan sosial yang terjadi pada masyarakat, sangat memperihatinkan. Banyak masyarakat di daerah ini yang masuk dalam kategori kesenjangan sosial dari 22 jenis penyandang sosial, salah satunya masalah kemiskinan. Meski banyak program pemerintah yang turun ke lapangan, namun masih saja banyak terdapat masyarakat yang miskin. Persoalannya disebabkan lantaran datanya yang selalu berbeda, sehingga hak-hak masyarakat miskin diambil oleh orang lain atau dengan kata lain tidak tepat sasaran.


Kegiatan Sosialisasi Gerakan Peduli Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di hadiri oleh beberapa narasumber, diantaranya Dinas Kesehatan, Sat Pol PP, Departemen Agama, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.
‘’ Saya berharap data yang akan kita berikan nanti supaya benar-benar data yang akurat, sehingga apabila nanti ada program pemerintah, maka tidak akan terjadi lagi yang namanya salah sasaran  ,’’ ungkapnya.
Diakuinya, banyak sekali persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, namun gara-gara terkendala pada akses data, sehingga program pemerintah pusat itu tidak turun ke masyarakat Lumajang. Karenanya, ia berharap kepada perserta masing-masing kecamatan ini dalam memperbaharui data supaya benar-benar memberikan data yang akurat. Dengan demikian, apabila nanti ada program pemerintah turun ke masyarakat terkait program kesejahteraan sosial, tidak salah sasaran.
Disamping itu, ia berharap dibantu dalam menjaring penyandang masalah sosial, sehingga ke depan program yang diberikan ke masyarakat bisa tepat sasaran. Karena, dalam penyusunan program itu berdasarkan data. Artinya, apabila datanya benar, maka program itu tidak akan salah sasaran.

Penulis : Saiful & Nuriz
Editor  : Muhammad Khoirul Anam
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger