Home » » Air Terjun Cuban Pawon

Air Terjun Cuban Pawon



kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.com.. Kabupaten Lumajang memiliki beberapa keajaiban alam di tiap-tiap Kecamatan di wilayahnya. Disini kami akan menginformasikan salah satu Wisata Alam yang berada di Desa Wangkit Kec. Gucialit, yaitu Air Terjun Coban Pawon atau biasa disebut Antrukan Pawon memiliki keunikan tersendiri, dimana air terjun ini Antrukannya berada Didalam goa yang menyerupai pawon (dapur tempat memasak), setiap percikan air terjun ini diyakini dapat membantu penyembuhan penyakit. Coban ini memiliki ketinggian sekitar 15 m menimpa lobang goa yang ada dibawahnya. Sehingga terlihat sangat indah dan menakjubkan. Dari arah kejauhan, bentuk pawon tersebut sangatlah jelas terlihat detailnya. Terlebih lagi jika masuk ke dalam gua yang berdiameter sekitar 6 meter. Di bawah air terjun terdapat sungai yang mengalir menuju hilir.
Aksesbilitas Berjarak sekitar 20 Km dari kota Lumajang atau 7 km dari Gucialit dengan kondisi jalan sudah beraspal bagus. Jika dari kota Lumajang dengan mengambil arah ke arah utara menuju ke Karangsari, lalu ke arah Dawuhan dan selanjutnya ke arah Dadapan, dari sini tak jauh lagi dari lokasi. Setelah menitipkan atau memarkir kendaraan di rumah penduduk (karena belum tersedia area parkir yang resmi). Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah utara melewati perkebunan penduduk. Kondisi medannya cukup menantang karena memang jarang dijamah orang bahkan sebelum tiba dekat di lokasi air terjun akan dijumpai medan yang cukup curam dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Naik turun bukit menjadi ciri khas track menuju ke lokasi.
Menurut saya Air Terjun Coban Pawon ini sangat bagus sekali, untuk para wisatawan dalam dan luar Kabupaten Lumajang untuk refreshing dan menikmati keindahannya. Terutama cocok untuk wisatawan yang menyukai tantangan di perjalanannya..

Penulis : Nuriz & Yoko
Editor  : Muhammad Khoirul Anam
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger