BUPATI : Sadarkan Generasi Muda Untuk Peduli Lingkungan - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Rabu, 13 Mei 2015

BUPATI : Sadarkan Generasi Muda Untuk Peduli Lingkungan


Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Dalam pelaksanaannya Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan para stakeholders, menggulirkan Program Adiwiyata ini dengan harapan dapat mengajak warga sekolah melaksanakan proses belajar mengajar materi lingkungan hidup dan turut berpartisipasi melestarikan serta menjaga lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya.

Sekolah diminta terlibat dalam kegiatan menjaga lingkungan sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. Permintaan itu disampaikan Ir. Nurul Huda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Selasa kemarin (12/05/2014) pada saat acara ceremonial pembukaan Sosialisasi Program Adiwiyata Kabupaten Lumajang Tahun 2015 di Aula SMP Negeri 1 Pasirian. Sosialisasi ini diikuti sekitar 100 peserta terdiri dari guru-guru dan kepala sekolah.

Kadin. Lingkungan Hidup, Ir. Nurul juga mengatakan adiwiyata merupakan salah satu program untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Bupati Lumajang, Drs. As’at M.Ag mengatakan, menyambut baik sosialisasi ini, sebab program adiwiyata dinilai sangat penting, bagi siswa-siswi, kepala sekolah atau pendamping, supaya ke depan lebih peduli terhadap lingkungan, mengingat program ini dapat mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman dan asri.

Dengan memberi pendidikan positif bagi siswa-siswi sebagai generasi muda melalui pengenalan lingkungan, memberi pemahaman serta penyadaran dalam mengelola lingkungan. Sehingga ke depan siswa-siswi mampu bersikap dan berperilaku peduli terhadap lingkungan diketahui sebagai penyuplai oksigen.

Tidak hanya itu, Bupati As’at juga mengaku bangga terhadap SMP Negeri 2 Tempeh yang berhasil mendapat penghargaan Adiwiyata Tingkat Kabupaten, Provinsi pada 2014 lalu yang menerima secara langsung dari Gubernur Jawa Timur, DR. Soekarwo di Pantai Kenjeran, Surabaya.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama satu hari, selain itu panitia juga menggelar pameran produk hasil penerapan dari program adiwiyata bagi para siswa-siswi sekolah SD, SMP, SMA/ SMK/ MAN se-Kabupaten Lumajang. Tujuan program ini mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik. (Humas/ An-m)

Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Lumajang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages