Puskesmas Tekung Gelar Refreshing Kader Guna Meningkatan Strata Posyandu - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Sabtu, 17 Maret 2018

Puskesmas Tekung Gelar Refreshing Kader Guna Meningkatan Strata Posyandu


“Puskesmas Tekung menggelar kegiatan pertemuan bagi para Kader Posyandu dari 37 Posyandu yang ada diwilayah Kecamatan Tekung, untuk meningkatkan strata posyandu sehingga bisa memaksimalkan pelayanan kesehatan”

Tekung, Kelompok Informasi Masyarakat - Guna memaksimalkan pelayanan kesehatan, Puskesmas Tekung menggelar kegiatan pertemuan bagi para Kader Posyandu dari 37 Posyandu yang ada pada masing-masing desa diwilayah Kecamatan Tekung, bertempat di Ruang Pertemuan Puskesmas Tekung, Jum’at (16/3).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan strata posyandu yang ada di wilayah Kecamatan Tekung. Dalam kegiatan ini semua Kader Posyandu yang hadir juga diharuskan mengisi form telaah kemandirian, sehingga dapat dilihat indikator apa saja yang belum terpenuhi pada posyandu masing-masing.

Kepala Puskesmas Tekung Drg. Irniwati Zakaria dalam sambutannya mengatakan, bahwa sesuai data pada Profil Kesehatan Kabupaten Lumajang tahun 2017, jumlah posyandu di wilayah Kecamatan Tekung terdapat 37 posyandu. Dalam perkembangannya, posyandu ini terbagi dalam 4 (empat) strata yang meliputi Mandiri 0 posyandu, Purnama 24 posyandu, Madya 13 posyandu dan Pratama 0 posyandu.

“Posyandu merupakan pelayanan kesehatan, khususnya dari ibu dan anak balita. Posyandu merupakan garda terdepan di bidang pelayanan kesehatan. “Setiap permasalahan yang berhubungan dengan masalah kesehatan, indikatornya dapat ditemukan di posyandu khusus ibu dan anak,” jelasnya.

Ka. Puskesmas Irniwati juga menjelaskan, salah satu indikator yang mempengaruhi strata posyandu, yakni dari faktor sarana dan prasarana seperti belum adanya 5 meja dan kursi, sarana media penyuluhan dan belum tertibnya administrasi.

“Kenaikan strata posyandu ini bisa dilakukan dengan pemenuhan sarana dan prasarana, peningkatan pendanaan baik dari pemerintah maupun swadaya dan peningkatan SDM. Semua itu sangat menentukan di bidang perencanaan posyandu,” tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut juga dilakukan kegiatan sosialisasi rumah sehat, dengan narasumber dari pihak Puskesmas Tekung. Dimana, kegiatan pendataan rumah sehat tersebut akan dilakukan secara serentak oleh kader-kader posyandu di masing-masing desa pada tanggal 19-23 Maret 2018. (KIM SH-lmj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages