Home » , » Operasi Bibir Sumbing, Senyummu Adalah Kebahagian Kami

Operasi Bibir Sumbing, Senyummu Adalah Kebahagian Kami


Para penderita bibir sumbing dan langit-langit pecah kini tak perlu berkecil hati. Sebab, kini banyak orang, lembaga, atau perusahaan yang memiliki kepedulian untuk menolong mereka. Beberapa Lembaga/ Organisasi Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) dan Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FK-PSM) Kab. Lumajang bekerjasama dengan sebuah Lembaga/ Organisasi Kemanusiaan Dunia Lions Club Korda Jawa Timur dan Tenaga Medis dari Semarang, Mojokerto, dan Surabaya yang memiliki kepedulian terhadap sesama manusia penderita cacat.

Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) dan Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FK-PSM) Kab. Lumajang juga bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk meminta ijin melakukan Operasi Bibir Sumbing secara gratis di Kab. Lumajang, karena pasien penderita bibir sumbing ini adalaah masyarakat Kab. Lumajang sendiri. Operasi ini di laksanakan di Rumah Sakit Umum (RSU) dr. Haryoto Kab. Lumajang, minggu (30/3).

Ketua Lion Clubs Korda Jatim, Steve mengatakan bantuan kesehatan bagi masyarakat ini, bertujuan agar para pasien yang menderita bibir sumbing kembali tersenyum dan percaya diri dalam kehidupan sehari-hari. “Jangan sampai cita-cita mereka terhambat karena kekurangan fisik dan kepercayaan diri yang lemah, karena itu dengan operasi ini kami berharap senyum mereka terus mengembang dan kepercayaan dirinya meningkat untuk meraih cita-citanya,” katanya.  

Menurut Ketua PPCI Kab. Lumajang, Ali Muslimin setelah program ini dilaksanakan ia menyaksikan banyak perubahan pada para penderita bibir sumbing. “Banyak pasien yang telah dioperasi merasakan kebahagiaan yang begitu tinggi, hingga akhirnya mereka senang dan tersenyum kembali,” katanya.
Ali Muslimin juga berharap agar kegiatan operasi bibir sumbing ini terus berkelanjutan secara total, hingga tidak ada lagi penderita bibir sumbing di Kabupaten Lumajang ini. “Kegiatan operasi bibir sumbing ini tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat daerah Kota Lumajang saja, tapi juga bagi siapa saja yang menderita bibir sumbing di seluruh Kabupaten Lumajang ini,” tambah Ali Muslimin.

Program yang mengusung tema “Senyummu adalah kebahagiaan kami” ini telah berjalan sejak tahun 2011 lalu dan telah berhasil mengoperasi lebih dari 200 orang penderita bibir sumbing dan langit-langit pecah.

Adapun hasil dari operasinya sendiri sejauh ini berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan. Bahkan banyak pasien yang merasakan haru atas hasil yang diperoleh. “Alhamdulillah, semua pasien yang telah berhasil dioperasi kini telah merasa percaya diri yang cukup tinggi, hingga akhirnya mereka semangat lagi dalam menimba ilmu dan bergaul dengan teman-teman yang lainnya,” tambahnya.


Penyakit bibir sumbing selama ini dipersepsikan masyarakat seolah-olah merupakan sebuah kutukan. Padahal, menurut dr. Agus, bibir sumbing lebih merupakan penyakit keturunan. “Tidak benar bahwa bibir sumbing itu kutukan. Bibir sumbing itu lebih cenderung karena keturunan dan sekarang sudah bisa dioperasi. Jadi bagi para penderita jangan berkecil hati,” ujarnya. (anam/ kim-olmj)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger